3.300 Mahasiswa Unmul Ikuti KKN di Seluruh Kaltim

SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kaltim menerima tidak kurang dari 3.300 mahasiswa Universitas Mulwarman untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 14 kabupaten/kota. Penyerahan dilakukan oleh Pembantu Rektor I Unmul, Avif Rohaini kepada Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pembangunan Desa (BPMPD) Kaltim, H. Jauhar Efendi,  di GOR 27 September Unmul Samarinda, Selasa (25/6).
Jauhar Efendi berharap diakhir Kuliah Kerja Nyata nantinya setiap mahasiswa dapat mengidentifikasi satu atau dua permasalahan krusial di desa, untuk disampaikan secara tertulis kepada BPMPD kabupaten/kota untuk diteruskan kepada BPMPD provinsi untuk ditindaklanjuti.
"Identifikasi permasalahan di desa  dari mahasiswa ini akan dapat menjadi acuan dan masukan bagi Gubernur Kaltim. dalam mengambil kebijakan pembangunan. Jika permasalahan terdapat di kabupaten/kota, akan disampaikan kepada bupati/walikota," ujarnya.
Dikatakan Jauhar,  KKN merupakan pengamalan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Pada Masyarakat,  karena para mahasiswa yang melakukan KKN akan berada di tengah-tengah masyarakat selama beberapa waktu.
Diingatkan bahwa tantangan para peserta KKN adalah kemungkinan ditemukannya permasalahan keterbatasan infrastruktur dan sarana-prasarana di desa, begitu juga dengan fasilitas  umum dan fasilitas sosial.
Selain itu, keterbatasan SDM Aparatur Desa, belum meratanya kesejahteraan masyarakat dan bermacam permasalahan masyarakat lain yang membutuhkan penanganan yang lebih baik.
"Seluruh permasalahan yang ditemui di lapangan jangan sampai membuat semangat dan niat  peserta menjadi kendur. Apalagi masyarakat desa selalau mengganggap mahasiswa adalah orang yang serba tahu. Berusaha mendewasakan diri dan menempatkan kecakapan secara benar untuk memecahkan berbagai masalah kemasyarakatan," pesannya.
Pada akhir pesannya, Jauhar Efendi meminta para peserta KKN untuk tidak lupa mengajak masyarakat berpartisipasi  aktif pada pelaksanaan pesta demokrasi yaitu Pemilukada pada 10 September 2013 dan Pemilu Legislatif dan Presiden pada 2014.
Kesepakatan kerjasama KKN antara Pemerintah Provinsi Kaltim, kabupaten/kota dengan Universitas Mulawarman ini telah berlangsung sejak 1975. Pada 2013,  KKN dilaksanakan 39 angkatan.
Sebelum serah terima Mashasiswa KKN ini, telah dibicarakan tentang pembagian penempatan dan apa saja yang diinginkan masyarakat. Ternyata, terbanyak  masyarakat menginginkan mahasiswa yang trampil untuk bidang pertanian dan  teknologi informasi.
Selain itu, ada juga KKN tematik yang sesuai dengan jurusan mahasiswa, misalnya mahasiswa kedokteran melaksanakan KKN  untuk pengobatan dan pelayanan kesehatan serta lain-lain disesuaikan dengan jurusan masing-masing.
"Dampak KKN reguler setiap tahun sangat besar, baik bagi masyarakat maupun mahasiswa. Dengan kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat menambah wawasan keilmuan di luar bangku perkuliahan," ujarnya.(yul/hmsprov).

///Foto : Ribuan mahasiswa Unmul yang siap terjun kemasyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN).(fajar/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait
Government Public Relation