35 Menit Ke Pulau Balang


PENAJAM - Tim Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berkesempatan meninjau lokasi ibu kota negara (IKN), Rabu (2/10/2019). Kesempatan ini datang dalam rangkaian dialog nasional rancang bangun dan kesiapan Kaltim sebagai IKN.

Menuju lokasi ibu kota negara (IKN) dari Balikpapan saat ini nampaknya belum bisa menggunakan jalur darat sepenuhnya. Perjalanan dimulai dari Pelabuhan Semayang Balikpapan menggunakan speed boat berkapasitas 12 orang penumpang. Pukul 06.35 Wita speed boat berangkat. Kapal bergoyang karena desiran ombak. 

"Ombak seperti ini termasuk normal. Kadang-kadang ombak bisa lebih besar," tutur seorang laki-laki yang membawa kapal. Untuk diketahui, laut di Pelabuhan Semayang Balikpapan dekat dengan laut lepas. Sehingga ombaknya lumayan tinggi. 

Kapal berjalan melalui Teluk Balikpapan. Seiring perjalanannya waktu, sekitar 10 menit kemudian ombak mulai datar dan tenang. Kapal terus melaju dengan kecepatan sedang. 

Selama perjalanan, pemandangan di daratan nampak kota Balikpapan. Semakin lama, hanya hutan-hutan di sisi kanan dan kirinya.

Pukul 07.10 Wita kapal tiba di Jembatan Pulau Balang. Jembatan ini dibangun untuk menghubungkan Balikpapan dengan Penajam Paser Utara. Kelak, jembatan ini akan menjadi akses utama ke IKN. (yuv/her/yans/humasprovkaltim) 

Berita Terkait