4 Pj Tergantung Hasil Pemilukada 2015

4 Pj Tergantung Hasil Pemilukada 2015

 

SAMARINDA - Setelah berhasil melantik penjabat (Pj) bupati dan walikota untuk menggantikan pejabat sebelumnya yang sudah berakhir masa jabatannya, Pemprov Kaltim akan melihat  hasil pilkada 2015  untuk menyiapkan pejabat kepala daerah - bupati dan walikota yang habis masa jabatannya untuk tahun 2016 mendatang. 

  Seperti diketahui untuk tahun 2016 mendatang, masih terdapat 4 bupati dan walikota yang habis masa jabatannya. Bupati Kutai Timur berakhir masa jabatannya 13 Februari 2016, Kota Bontang berakhir 23 Maret 2016, Bupati Kutai Barat akan berakhir pada 19 April 2016 dan Kota Balikpapan 30 Mei 2016.

  Terkait hal tersebut Asisten Pemerintahan Setdaprov Kaltim Drs Aji Sayid Fatur Rahman mengatakan, persiapan pelantikan penjabat (Pj) bupati/walikota 2016, tergantung hasil Pilkada 9 Desember 2015, dimana pejabat yang terpilih akan dilihat nanti kapan dilantik. Kalau pejabat yang bersangkutan dilantik bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan bupati/walikota, misalnya Kabupaten Kubar yang berakhir pada April 2016 dan bisa dilantik pada bulan tersebut maka otomatis tidak ada Pj.  Demikian pula dengan 3 kabupaten/kota lainnya.

  Tetapi bila ada kebijakan  secara nasional dilantik  serentak pada bulan Juni atau awal Juli, maka Pemprov harus menyiapkan Pj baru. Tetapi jika pelantikan bertepatan dengan masa berakhirnya, maka pelantikan akan langsung dilakukan tanpa Pj baru.

"Kalau kasusnya seperti itu, maka masa jabatan yang berakhir Februari 2016 misalnya, untuk sampai ke Juni-Juli 2016 berarti ada kekosongan pejabat bupati/walikota, pada saat seperti itulah memerlukan penjabat (Pj)," kata Fatur Rahman.

  Melihat kronologis seperti itu, Pemprov Kaltim masih menunggu apakah pelantikan bupati/walikota hasil Pemilukada tahun ini, dilantik pada saat pejabat yang bersangkutan berhenti khususnya untuk bupati/walikota 2016 ataukah seluruh  pejabat terpilih serentak dilantik pada akhir Juni atau awal  Juli 2016. 

  "Kalau awal Juli 2016 baru ada pelantikan,  maka untuk Kaltim harus menyiapkan 4 Pj," kata Fatur Rahman. (mar/sul/hmsprov)

Berita Terkait