40 Pelajar Ikuti Seleksi Paskibraka

40 Pelajar Ikuti Seleksi Paskibraka

SAMARINDA – Sebanyak 40 pelajar berasal dari sekolah unggulan dari 10 kabupaten dan kota se-Kaltim mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional untuk bertugas pengibar bendera di Istana Negara pada 17 Agustus tahun ini.

Menurut Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Polhukam Ahmadi saat mewakili Gubernur Kaltim pada seleksi calon Paskibraka mengemukakan momentum seleksi calon peserta Paskibraka ini hendaknya juga dapat dijadikan sebagai pemicu semangat berkorban, semangat patriotisme dan semangat membangun.

Para calon Paskibraka selain dituntut mampu menjalankan tugas di saat pengibaran bendera pusaka 17 Agustus nanti, diharapkan, kelak mereka juga dapat menjadi figur utama yang siap tampil dan berperan lebih maksimal dalam pembangunan sesuai profesi masing-masing.

“Sudah seharusnya seleksi ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai media untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki peserta sebagai Paskibraka. Kalian adalah putra putri terbaik dan ikutilah seluruh rangkaian seleksi ini dengan menjunjung sportifitas,” pesannya.

Ditambahkan, kemerdekaan saat ini tidak dicapai dengan mudah. Tetapi melewati masa sulit dan pengorbanan yang mempertaruhkan jiwa dan harta benda yang tidak ternilai, sehingga banyak pahlawan bangsa yang gugur saat merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Untuk itu jaga nama baik Kaltim dan berlatihlah dengan sungguh-sungguh untuk keharuman nama daerah di tingkat Nasional. Bagi  yang tidak terpilih jangan berkecil hati karena tetap menjadi Paskibraka tingkat Provinsi Kaltim,” kata Achmadi.

Sementara Ketua Panitia Seleksi Syahril mengemukakan dari 40 peserta seleksi ini akan dipilih empat peserta terbaik untuk mewakili Kaltim di tingkat nasional atau menjadi petugas pengibar bendera di Istana Negara pada hari kemerdekaan 17 Agustus 2014.

“Nantinya  para peserta terpilih dari seluruh provinsi bergabung di Jakarta termasuk peserta dari  Kaltim. Selanjutnya, akan mengikuti pelatihan selama satu bulan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional Cibubur di Jakarta,” ujar Syahril.

Syahril menambahkan selama pelatihan di Jakarta akan dilakukan seleksi dan bagi peserta yang tidak terpilih menjadi petugas Paskibraka di Istana Negara akan kembali ke daerah menjadi peserta Paskibra untuk tingkat provinsi.

Adapun 40 peserta tersebut berasal dari Samarinda 17 orang, Bontang empat orang, Balikpapan dan Kutai Barat serta Berau masing-masing tiga orang. Sementara Mahakam Ulu dan Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, Kutai Timur dan Paser masing-masing mengirimkan dua orang. (yans/sul/es/hmsprov)

 

///FOTO :  Staf Ahli Gubernur Kaltim Ahmadi mengalungkan tanda peserta seleksi secara simbolis kepada calon Paskibraka.(masdiansyah/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation