40 Peserta Ikuti JPD 2018 Kaltim

Kadispora Kaltim M Syirajudin membuka Jambore Pemuda Daerah 2018.jayahumasprov//

SAMARINDA - Sedikitnya 40 peserta dari perwakilan pemuda se-Kaltim mengikuti Jambore Pemuda Daerah (JPD) 2018 tingkat provinsi. JPD digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim melalui Bidang Pemberdayaan Pemuda.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) M  Syirajudin mewakili Pj Gubernur Kaltim Restuardy Daud ketika membuka JPD ke-7 2018 mengatakan momentum JPD ini untuk menyeleksi pemuda Kaltim yang akan dipersiapkan pada Jambore Pemuda Nasional (JPN) 2018. "Karena itu, melalui JPD diharapkan dapat menanamkan semangat dan peningkatan wawasan para pemuda atau kaum milenial agar mampu membawa nama baik provinsi ini," kata M Syirajudin di halaman Kantor Dispora Kaltim, Jumat (28/9).

Syirajudin meminta agar peserta yang terpilih untuk mengikuti JPN 2018 bisa mengenalkan dan mempromosikan bagaimana kekayaan budaya dan wisata yang dimiliki Kaltim. Termasuk bagaimana perkembangan pembangunan yang telah Kaltim lakukan selama ini.

Karena, melalui program tersebut para pemuda diyakini mampu berkontribusi bagi daerah, khususnya dalam menarik wisatawan dari provinsi lain untuk berkunjung ke Kaltim, sehingga pertumbuhan ekonomi daerah semakin baik.

"Awalnya tentu melalui para peserta jambore pemuda, kemudian dari masing-masing peserta diharapkan bisa mengenalkan kepada masyarakat luas untuk mengetahui apa saja yang dimiliki Provinsi Kaltim," jelasnya.

Selain itu, ketika mengikuti JPN diharapkan perwakilan Kaltim mampu meraih prestasi melalui perlombaan yang dilaksanakan ketika penyelenggaraan tersebut. Mulai lomba poco-poco, pidato hingga puisi.  

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Agustianur mengatakan pelaksanaan JPD 2018 dipusatkan di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda sejak 28-30 September 2018.

Kegiatan ini diikuti 40 peserta dari 9 kabupaten/kota se-Kaltim,  Kutai Timur tidak hadir dalam kegiatan ini. "Pelaksanaan ini dalam rangka seleksi Jambore Pemuda Nasional 2018. Mereka yang terpilih adalah pemuda terbaik dan berkualitas," jelasnya.

Dari sini akan 14 peserta untuk mengikuti Jambore Pemuda Nasional yang dilaksanakan sejak 5-11 Oktober 2018 di Bangka Belitung. Sebelum ke Bangka Belitung, peserta mendapat pembekalan yang dilaksanakan 1-4 Oktober 2018 di Kantor Dispora Kaltim.

Hadir ketika pembukaan JPD 2018 Kaltim, masing-masing perwakilan Kepala Dispora Kabupaten/Kota se-Kaltim. (jay/sul/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait