40 Peserta Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Nasional


SAMARINDA – Sedikitnya 40 peserta  Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari kabupaten dan kota se-Kaltim  mengikuti seleksi calon Paskibraka Tingkat Nasional dan Provinsi Kaltim 2016, yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim.

 Asisten Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim Bere Ali mengharapkan proses seleksi berjalan dengan baik dan mencapai hasil maksimal. Peserta yang terpilih, nantinya akan kembali mengikuti seleksi di tingkat nasional selama lima hari, pada  Juni mendatang.

"Untuk itu, peserta  calon Paskibraka kiranya benar-benar mengikuti seleksi ini dengan baik. Maksimalkan kemampuan sehingga mencapai hasil memuaskan dan dapat mewakili Kaltim di tingkat nasional," kata Bere Ali saat membuka seleksi calon peserta Paskibraka Tingkat Nasional dan Provinsi Kaltim, yang berlangsung di Aula Dispora Kaltim, Selasa (3/5).

Sementara bagi peserta yang tidak terpilih untuk tingkat nasional, lanjut Bere Ali  diminta tidak berkecil hati, karena tetap akan menjadi calon Paskibraka Tingkat Provinsi Kaltim, namun tetap melewati seleksi.

Momentum seleksi calon peserta Paskibraka baik untuk tingkat nasional maupun Provinsi Kaltim hendaknya dijadikan sebagai pemicu semangat berkorban, semangat patriotisme dan semangat membangun.

Selain dituntut mampu menjalankan tugas saat pengibaran bendera pusaka pada upacara 17 Agustus 2016, Paskibraka kelak juga  akan menjadi figur utama yang siap tampil dan berperan lebih maksimal dalam pembangunan di daerah dan  dalam masyarakat sesuai dengan profesi masing-masing.

Kepala Dispora Kaltim Drs H Fachruddin DJapprie dalam laporannya mengatakan tujuan seleksi calon peserta Paskibraka adalah untuk mempersiapkan pelajar terbaik yang akan mewakili Provinsi Kaltim sebagai Paskibraka Tingkat Nasional.  Disamping itu untuk mempersiapkan pelajar terbaik yang mewakili masing-masing kabupaten/kota sebagai Paskibraka Tingkat Provinsi Kaltim.

Dari 40 peserta   akan dipilih 4 peserta  putra-putri yang akan mewakili Provinsi Kaltim  untuk mengikuti seleksi Paskibraka  Tingkat Nasional. Dari 4 peserta nantinya hanya 2 peserta putra-putri yang dipilih sebagai  wakil Kaltim.

"Untuk pelaksanaan seleksi dimulai 2 hingga 4 Mei 2016, dengan melibatkan Kodim 0901 Samarinda, Polresta Kota Samarinda, RSUD A Wahab Sjahranie, Balai Bahasa Unmul, IAIN Samarinda, Dispora Kaltim dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim," kata Fachruddin. (mar/sul/es/humasprov

 

Berita Terkait
Government Public Relation