400 Peserta Bersaing Kuliah ke Rusia

SAMARINDA - Sedikitnya 400 peserta bersaing untuk masuk menjadi calon mahasiswa Perkeretaapian Rusia yang ditanggung Pemprov Kaltim melalui program Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) tahun ini.

Penjaringan calon tersebut saat ini telah masuk tahap seleksi, yakni tes kemampuan akademik yang dimulai sejak 4, 7 dan 10 Maret 2016. Pengumuman hasil tes disampaikan ke publik pada 12 Maret 2016.

“Hingga saat ini mahasiswa perkeretaapian Kaltim yang belajar di Rusia sebanyak 100 orang. Angkatan pertama 2014 sebanyak 50 dan 2015 sebanyak 50 orang dan tahun ini kembali diterima 50 orang calon mahasiswa,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Dayang Budiati didampingi Ketua Tim Pengelola BKC Basmen Nainggolan, Kamis (3/3).

Peserta yang diprioritaskan lolos seleksi adalah berasal dari tiga kabupaten se-Kaltim, antara lain Kukar, Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutim. Karena, kuota dari kabupaten tersebut masih ada yang kurang, sehingga diprioritaskan dari SDM daerah itu.

Pemilihan tersebut, karena masing-masing daerah dimaksud yang akan dilintasi kereta api. Apalagi, pusat investasi kereta api tersebut berada di Kawasan Industri Buluminung Penajam Paser Utara (PPU), Bontang dan Kutai Timur (Kutim).

“Jadi, dari 50 calon mahasiswa tahun ini diprioritas adalah dari daerah itu,” jelasnya.

Sebanyak 400 peserta itu akan mengikuti tes di GOR 27 September Universitas Mulawarman (Unmul). Hasil tes tersebut selanjutnya pertengahan Maret 2016 harus disampaikan kepada PT Kereta Api Borneo yang merupakan perwakilan PT Russian Railways di Kaltim.

Dari 50 peserta yang lulus akan ditempatkan di tiga kampus di Rusia, yakni Moscow State University, St Petersburg Railroad University dan Rostov State Transport University. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait