405 Orang Eks PSK Siap Dipulangkan

 

SAMARINDA- Berdasarkan rekapitulasi akhir Dinas Sosial Kaltim, sedikitnya 405 penghuni lokalisasi atau eks Pekerja Seks Komersial (PSK) siap dipulangkan pada 5 Desember 2016, dengan rincian 235 orang berasal dari luar Kaltim dan sebanyak 170 orang berasal dalam daerah Kabupaten/Kota di Kalimantan.

Kepala Dinas Sosial Kaltim Siti Rusmalia Idrus mengatakan pemulangan direncana akan dilepas oleh Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. Pemulangan direncanakan dikumpulkan di Asrama Haji Batakan Balikpapan.

Pemulangan ini, setelah menanti beberapa bulan sejak ditutup 1 Juni 2016 secara serentak di Kaltim oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Awang Faroek Ishak.

“Tanggal 4 Desember 2016 para penghuni lokalisasi di Kaltim sudah masuk ke Asrama Haji Batakan Balikpapan. Selanjutnya, pada 5 Desember 2016 akan dilakukan pelepasan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa,” kata Siti Rusmalia Idrus dikonfirmasi di Samarinda, Jumat (2/12).

Para penghuni lokalisasi diberangkatkan melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan ke daerah asal masing-masing. Setelah dipulangkan, para penghuni akan diberikan uang jaminan hidup oleh Pemerintah Pusat yang telah ditentukan. Uang jaminan hidup dimaksud akan diberikan setelah para penghuni sampai di daerah asal dengan menunjukkan rekening kepada pihak kelurahan setempat.

Setelah adanya stempel dari kelurahan setempat, selanjutnya Bank Rakyat Indonesia (BRI). Sedangkan mereka yang tidak dipulangkan akan diberikan pembinaan wiraswasta oleh masing-masing Dinas Sosial Kabupaten/Kota se Kaltim.(jay/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation