4.284 Calhaj Lewat Balikpapan

Berangkat Mulai 9 September 2013

SAMARINDA – Pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Embarkasi Balikpapan dijadwalkan dimulai pada 9 September hingga 6 November 2013.
”Embarkasi Balikpapan akan memberangkatkan calon jamaah haji (Calhaj) sebanyak 4.224 ditambah 60 orang petugas. Sehingga secara keseluruhan berjumlah 4.284 orang,” kata Kakanwil  Kementerian Agama Provinsi Kaltim, Dr HM Kusasi selaku Kepala Staf Penyelenggaraan Ibadah Haji Kaltim.
Calhaj sebanyak itu ujar Kusasi terdiri dari Kaltim sebanyak 2.256 jamaah di tambah 30 orang petugas. Dari  Sulawesi Tengah 1.407 jamaah, ditambah 20 orang petugas, dan dari Sulawesi Utara berjumlah 561 jamaah ditambah 10 orang petugas.
Dikatakan, penetapan angka tersebut diungkapkan berdasarkan Rapat Koordinasi dan Finalisasi Jadwal Pemberangkatan dan Pemulangan Jemaah Haji Indonesia Tahun 1434 H/2013 M yang berlangsung di Ruang Siskohat Asrama Haji Balikpapan, Senin (22/7).
Rapat juga dihadiri Kasubdit Transportasi Akomodasi Dirjen PHU Kemenag RI Drs H Subhan MM, Kakanwil Agama Kaltim beserta Kepala Bidang dan beberapa Kasi di bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Kakanwil Kemenag Sulawesi Utara Drs H Sya'ban Mauluddin MpdI dan Kakanwil Kemenag Sulawesi Tengah Dr H Mohsen, MM beserta Kepala Bidang PHU, unsur Maskapai Penerbangan Garuda, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Dinas Perhubungan, dan Angkasa Pura Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan.
”Keseluruhan jamaah haji Embarkasi Balikpapan yang akan diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia  dengan  Nomor Penerbangan A.330 terbagi menjadi 12 Kelompok Terbang (Kloter). Setiap Kloter sebanyak 360 orang calhaj..  
Pembagian Kloter Jamaah Haji Embarkasi Balikpapan Tahun 1434 H / 2013 M menurut Kusasi telah disepakati untuk Kloter 1 sampai Kloter  4 untuk Sulteng, Kloter 5 dan 6 Sulut,  sedangkan Kloter 7 sampai dengan Kloter 12 diisi calhaj dari Kaltim.   
”Pada prinsipnya, semua unsur yang hadir pada rapat itu berkomitmen dan siap melaksanakan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dengan sebaik-baiknya dengan memberikan dan  meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik.(ri/hmsprov)

//Foto: HM Kusasi
 

Berita Terkait