45 Tim Meriahkan Begarakan Sahur RRI


SAMARINDA- Sedikitnya 45 tim begarakan sahur meriahkan festival begarakan sahur yang digelar Stasion Radio Republik Indonesia (RRI) Samarinda. Peserta yang mengikuti berasal dari Samarinda dan Tenggarong, terdiri dari berbagai organisasi ikatan remaja masjid (IRMA), ikatan remaja langgar (IRLA) maupun organisasi paguyuban di Kaltim.

Dalam even tersebut, Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Bere Ali mengatakan program ini merupakan kegiatan positif yang patut dibudayakan dan dilaksanakan setiap tahun. Karena mampu menggali kreatifitas generasi muda untuk menampilkan kebiasaan di lingkungan masyarakat, sehingga bernilai positif dan ibadah. Contohnya begarakan sahur yang biasa dilakukan anak-anak muda maupun orang tua setiap bulan Ramadan.

“Tetapi, dengan adanya even ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi generasi muda untuk lebih kreatif dalam bekarya, khususnya dalam menampilkan suguhan begarakan sahur yang baik dan enak dilihat masyarakat. Apalagi, kegiatan ini difestivalkan atau dilombakan, tentu akan memberikan motivasi bagi generasi muda untuk kreatif,” kata Bere Ali usai menghadiri dan membuka festival begarakan sahur di depan Halaman Kantor Stasion RRI Samarinda, M Yamin Samarinda, Jumat malam (17/6).

Pemprov Kaltim sangat mengapresiasi program yang dilaksanakan RRI Samarinda. Program ini setiap tahun menjadi agenda rutin RRI. Diharapkan begarakan sahur yang biasa dilaksanakan di masing-masing kampung, kemudian difestivalkan dan semakin populer di lingkungan masyarakat.

Budaya ini harus dipertahankan, sehingga begarakan sahur bukan hanya menjadi tradisi setiap tahun yang biasa dikerjakan di masyarakat, tetapi mampu menumbuhkan prestasi bagi lingkungan masyarakat.

“Karena setiap tahun dilaksanakan, sehingga tahun selanjutnya organisasi maupun kelompok di lingkungan masyarakat di Kaltim dapat menyiapkan diri mereka masing-masing untuk menampilkan kreatifitas terbaik,” jelasnya.

Ke depan diharapkan bukan hanya diikuti kelompok maupun organisasi masjid atau langgar serta paguyuban di Samarinda maupun Tenggarong tetapi juga se Kaltim, sehingga semarak begarakan sahur di daerah ini semakin meriah dan menjadi budaya.

Selain itu, rute yang dilintasi para peserta, yaitu sepanjang Jalan M Yamin dan memutari simpang tiga Jalan Pramuka Samarinda dan kembali di depan Halaman Kantor RRI Samarinda. Hadir dalam kegiatan tersebut mantan Wagub Kaltim Farid Wadjdy dan Walikota Samarinda Sjaharie Jaang.(jay/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation