47 Siswa Ikuti Pelatihan Paskibraka

SAMARINDA - Sebanyak 47 siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dari 14 kabupaten dan kota se-Kaltim mengikuti pelatihan untuk Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tingkat Provinsi Kaltim 2013 pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-68.
"Pelatihan yang diberikan kepada para calon Paskibra Provinsi Kaltim 2013 ini sebagai upaya untuk memberikan pelatihan fisik sekaligus guna meningkatkan disiplin kepribadian, karena suksesnya upacara tidak lepas dari kesiapan Paskibra," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Dr H Sigit Muryono mewakili Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada Pembukaan Pelatihan Paskibra Tingkat  Kaltim 2013 di Aula Diklat Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim, Jumat (26/7).
Menurut dia, para peserta Paskibra ini adalah para pemuda terbaik yang telah terseleksi dengan ketat untuk melaksanakan tugas dengan baik baik pada pengibaran maupun penurunan bendera.
Dijelaskan, momentum pelatihan Paskibra ini hendaknya dapat dijadikan sebagai pemicu semangat berkorban, semangat patriotisme dan semangat membangun. Para calon Paskibra diharapkan kelak akan menjadi figur utama yang siap tampil dan berperan lebih maksimal dalam pembangunan, di daerah dan dengan profesi masing-masing.
Selain itu, pelatihan yang diberikan kepada para calon Paskibra Kaltim ini memiliki beberapa makna yang pada dasarnya untuk menciptakan pribadi yang berdisiplin tinggi. Pelatihan disiplin ini akan memberikan kesan tersendiri bagi peserta Paskibra Kaltim untuk menjadi pemimpin dimasa datang.
“Dalam jangka panjang pelatihan ini membangun pribadi yang baik untuk dirinya sendiri, orang lain atau masyarakat. Untuk jangka pendek,  targetnya adalah sukses dalam mengemban tugas pada upacara 17 Agustus nanti,” ujarnya.
Untuk menanamkan jiwa patriotik pada bangsa dan Negara,  para anggota  Paskibra ini  akan mengitu studi banding di tiga akademi, di TNI AU Yogyakarta, TNI AD Magelang dan Akademi Kepolisian di Semarang.
Sementara itu Kepala Bidag Keolahragaan Dispora Kaltim M Syahriel mengatakan, peserta Paskibra Kaltim 2013 ini berjumlah 47 orang berasal dari Bulungan 3 orang, Malinau 2 orang, Nunukan 3 orang, Tarakan 2 orang, Berau 3 orang, Kukar 2 orang, Kubar 3 orang, Kutim 3 orang, Bontang 3 orang, Paser 3  orang, Balikpapan 3 orang, PPU 3 orang. Tana Tidung 1 orang dan Samarinda mengirimkan peserta terbanyak  yakni 13 orang. (sar/hmsprov).

//Foto: HARUS DISIPLIN. Kadispora Dr H Sigit Muryono memasangkan penutup kepala pada peserta pelatihan. (sarjono/humasprov kaltim).
 

Berita Terkait
Government Public Relation