49 PNS Ikuti STQ Korpri

49 PNS Ikuti STQ Korpri

SAMARINDA–Sebanyak 49 PNS (Pegawai Negeri Sipil) dari unit Korpri dinas/badan termasuk satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemprov Kaltim, kabupaten dan kota serta lembaga instansi vertikal mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat provinsi.

Masing-masing untuk unit Korpri dinas/badan/SKPD se-Kaltim empat orang dan unit Korpri lembaga instansi vertikal 16 orang. Sementara DP Korpri tingkat kabupaten dan kota sebanyak 29 orang.

Mereka berasal dari Samarinda, Tarakan dan Nunukan masing-masing dua orang, Balikpapan tujuh orang serta Bontang enam orang dan Kabupaten Paser lima orang, Kutai Barat satu orang dan Kutai Kartanegara empat orang.

Sedangkan enam daerah lainnya tidak mengirimkan utusan karena tidak sempat menggelar STQ tingkat kabupaten/kota. Keenam daerah tersebut yakni Kabupaten Berau, Kutai Timur, Penajam Paser Utara, Mahakam Ulu serta Malinau dan Tana Tidung.

Menurut Sekretaris DP Korpri Kaltim H Syarifuddin, seleksi pertama yang digelar tingkat provinsi dilakukan untuk menyiapkan kontingen Kaltim termasuk Kaltara untuk berlaga di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-2 tingkat nasional di Aceh pada Agustus mendatang.

Peserta STQ tingkat provinsi merupakan hasil seleksi tingkat kabupaten dan kota selanjutnya akan terpilih yang terbaik untuk mewakili Kaltim. “Untuk MTQ tahun ini, kita lakukan seleksi secara ketat,” ujar Syarifuddin.

Keikutsertaan Kaltim pada perhelatan akbar tahunan ini selain untuk menjalin silaturahmi sesama anggota Korpri di Indonesia juga sebagai bagian pembinaan mental spiritual para abdi negara khususnya agama Islam.

Sementara itu Panitia STQ tingkat Provinsi Kaltim Joko Rukmono menyebutkan Kaltim akan mengikuti seluruh cabang lomba MTQ tingkat Nasional yang diselenggarakan di Nangroe Aceh Darussalam pada 19-23 Agustus 2014.

Cabang lomba MTQ nasional akan melombakan Kaligrafi, Tilawah, Syarhil serta Tanfil, Hafalan 1 juz dan 5 juz. Sedangkan yang mengikuti STQ Kaltim yakni tilawah diikuti 23 orang, kaligrafi  lima orang, syarhil empat orang, tanfil 12 orang, hafalan 1 juz dua orang dan 5 juz lima orang. (yans/sul/hmsprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation