5 Peserta Berangkat ke Seleknas Jakarta

Ingin Bertemu Gubernur sebagai Suntikan Motivasi

 

SAMARINDA – Pelaksanaan Seleksi Daerah Calon Kompetitor Asean Skills Competition (ASC) XI Tahun 2015 resmi ditutup kemarin (Kamis, 8/10), di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kaltim. Sebanyak 50 peserta yang bersaing memperebutkan gelar juara sejak tanggal 6 Oktober pulang dengan membawa pengalaman dan pelajaran yang tak terlupakan.

Sebanyak 5 juri yang dipercayakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan untuk menjadi tim penilai merupakan para ahli yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing. Sebagai contoh, penilai lomba beauty therapy adalah Kusumadewi Sutanto dari Martha Tilaar Group.

“Para ahli ini tidak hanya menjadi penilai dalam kegiatan ini, mereka juga memberikan pengarahan, pelajaran dan juga berbagi pengalaman yang mereka miliki. Pengalaman ini bukan pengalaman yang baru, tetapi pengalaman yang mereka dapat selama bertahun-tahun menggeluti profesi keahlian mereka,” kata Kepala Seksi Bina Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja Disnakertrans Provinsi Kaltim yang juga sebagai panitia pelaksana daerah, Abustan Baderu.

Para juri tersebut tidak hanya berbagi pengalaman dengan para peserta. Pujian pun diterima oleh Disnakertrans Kaltim selaku panitia pelaksana kegiatan ini.

“Para juri ini mengakui bahwa pelaksanaan seleksi daerah calon kompetitor ASC XI di Kaltim, merupakan yagn terbaik di antara provinsi lainnya,” lanjut Abustan.

Berbagai prestasi dilampaui Kaltim dalam pelaksanaan seleksi ini, salah satunya adalah keluarnya Bulan Amalia sebagai Juara I dalam Lomba Welding/Pengelasan. Dalam sejarah diadakannya lomba welding di Indonesia, sebelumnya tidak pernah seorang perempuan keluar sebagai juara pertama.

Panitia daerah pun optimis bahwa Bulan memiliki kans yang besar untuk dapat menjuarai lomba welding di Seleksi Nasional yang akan diadakan di Jakarta pada 17 November nanti. Bahkan tidak menutup kemungkinan bagi Bulan untuk dapat menjuarai Asean Skills Competition (ASC) XI di Kuala Lumpur, Malaysia pada September 2016.

“Meskipun kemampuan Bulan telah sangat baik, tentu saja kita tidak boleh merasa puas. Pelatihan dan pembinaan akan terus dilakukan, agar kemampuannya bisa terus terasah dan semakin baik lagi,” papar Abustan.

Untuk itulah, setelah ini direncanakan untuk diadakan pemusatan pelatihan atau Training Centre (TC) bagi 5 peserta yang lolos ke Seleknas. Diakui Abustan, selama ini dukungan yang didapat dari Pemerintah Provinsi sudah sangat baik, terutama dalam dukungan moral.

“Selama ini dukungan moral dari pemerintah provinsi sudah sangat baik. Kami di support dan diberi dukungan dalam pelaksanaannya,” tambahnya.

Karena itulah, panitia ingin mempertemukan para peserta dengan Gubernur Awang Faroek Ishak, atau pun dengan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim, Meiliana, untuk dapat menyuntikkan semangat anak-anak sebelum berangkat ke Jakarta.

“Jika para peserta mengetahui bahwa mereka didukung penuh oleh Pemprov, harapan kami mereka dapat bertanding secara maksimal,” tutupnya. (aka/hmsprov)

Berita Terkait
Berita Foto:
Berita Foto:

23 Maret 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

 Dana Desa
Dana Desa

07 September 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

LENSA KALTIM MAJU
LENSA KALTIM MAJU

29 September 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan