51 Hewan Qurban Disalurkan

SAMARINDA- Sedikitnya 55 hewan qurban baik sapi dan kambing disalurkan Pemprov Kaltim pada Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriah ini. Hewan qurban tersebut sumbangan masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kaltim yang telah terdata di Biro Sosial Setprov Kaltim.

Penyalurannya untuk mereka yang berhak menerimanya seperti dari pengurus masjid maupun panti asuhan serta organisasi masyarakat, termasuk di lingkungan masing-masing SKPD.

“Saat ini ada 47 ekor sapi dan 8 ekor kambing yang siap didistribusikan tahun ini. Jumlah tersebut diyakini akan bertambah, karena belum semua SKPD menyampaikan informasi pendistribusian hewan qurban tersebut,” kata Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Bere Ali, Kamis (23/9).

Menurut Bere, hewan qurban tersebut juga termasuk sumbangan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebanyak satu ekor sapi jenis limousine yang didistribusikan ke Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Samarinda. Begitu juga Gubernur Awang Faroek Ishak dan Wakil Gubernur Kaltim Mukmin Faisyal menyumbangkan masing-masing satu ekor sapi jenis yang sama di Masjid Islamic Center.

Pembagian daging hewan qurban hanya untuk wilayah Kota Samarinda. Sedangkan kabupaten/kota lainnya tidak. Karena, alokasi untuk penyaluran hewan qurban tersebut tidak ada di Pemprov Kaltim, tetapi hanya kebijakan masing-masing SKPD untuk memberikan sumbangannya kepada yang berhak menerima.

“Kewajiban berqurban merupakan perintah Allah SWT bagi umat muslim yang mampu. Jadi, kami tidak memaksakan kepada masing-masing SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim untuk menyumbangkan hewan qurban dan memang alokasi itu tidak ada. Karena qurban tersebut adalah sifatnya sumbangan perorangan,” jelasnya.

Pemprov Kaltim juga meminta maaf apabila belum adanya pihak yang menerima penyaluran hewan qurban dari pemerintah. Karena, hewan qurban yang tersedia dari pemerintah sangat terbatas dan tidak seimbang dengan permohonan yang masuk.

“Karena banyak yang menyampaikan permohonan, kami mohon maaf belum dapat memenuhi semuanya. Sebab, hewan qurban yang tersedia tidak mencapai sesuai permohonan yang diterima. Jadi, kami berharap bagi yang sudah menerima sumbangan tersebut dapat dimanfaatkan sesuai syariat agama Islam,” jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim M Irvan Rivai mengatakan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak melaksanakan shalat Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriah ini di Masjid Al Mu’min Komplek Lamin Etam Jalan Gajah Mada Samarinda.

Sholat di Al Mukmin, Gubernur Awang Faroek didampingi Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Bere Ali dan Asisten Administrasi Umum Meiliana serta sejumlah Kepala Biro di lingkungan Setprov Kaltim dan Kepala Dinas.

“Gubernur Awang Faroek sholat di Masjid Al Mu’min Lamin Etam, sedangkan Wakil Gubernur Mukmin Faisyal sholat di Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Samarinda bersama Plt Sekda dan Asisten Pemerintahan Setprov Kaltim dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan,” kata M Irvan Rivai.

Setelah shalat ied, Gubernur Awang Faroek bersama Wakil Gubernur menyampaikan hewan qurban kepada pengurus Masjid Islamic Center Samarinda yang disampaikan Wagub Mukmin Faisyal. Penyaluran hewan qurban tersebut juga bersamaan diserahkan satu ekor sapi dari Presiden Joko Widodo kepada pengurus masjid Islamic Center.

Selain itu, untuk open house tidak ada. Karena biasanya, hal itu dilaksanakan setiap Hari Raya Idul Fitri. Tetapi, itu kembali tergantung gubernur dan wakil gubernur apakah mau melaksanakan atau tidak.

“Yang jelas, hari raya Idul Adha tahun ini Gubernur dan Wagub melaksanakan Shalat Ied di masing-masing tempat. Sementara, untuk libur pegawai hanya satu hari, yakni pada Hari Kamis 24 September 2015, hari Jumat pegawai kembali bekerja seperti biasa. apabila tidak, ada sanksi yang diberikan,” jelasnya.

Menurut dia, libur pegawai sesuai instruksi Pemerintah Pusat, sehingga harus diikuti. karena berkaitan dengan disiplin kerja pegawai.(jay/adv)

Berita Terkait
Government Public Relation