55 Atlet Pelajar SKOI Kaltim Wakili Indonesia ke Thailand

SAMARINDA - Sebanyak 55 atlet pelajar dari Sekolah Olahragawan Bertaraf Internasional (SKOI) siap mewakili Indonesia diajang kompetisi Multi Event 16th International Sports School Games yang digelar Di Lampang, Thailand.   Kejuaraan antarsekolah olahraga di kawasan Asia Tenggara tersebut akan digelar 22–31 Agustus 2013. Even ini akan mempertandingkan 22 cabang olahraga. 

“Atlet pelajar SKOI Kaltim akan mengikuti 13 cabang, antara lain angkat besi, gulat, panahan, renang, atletik, taekwondo, judo, anggar, pencak silat, tenis meja, tenis lapangan dan balap sepeda berkekuatan 55 atlet, 12 pelatih dan 25 Official,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Sigit Muryono didampingi Kepala UPTD SKOI Kaltim Agustianur di Kantor Dispora Kaltim, Rabu (14/8). 

Dalam kejuaraan ini, SKOI Kaltim tidak menargetkan berapa jumlah medali yang diraih, namun diharapkan peningkatan prestasi dan hasil yang dicapai pada keikutsertaan sebelumnya.

2012 saat masih berlabel Thailand Sports School Games di Ubon Ratchathani, rombongan SKOI Kaltim mempersembahkan 18 emas, 18 perak dan 20 perunggu dan  menduduki posisi 10 dari 27 sekolah olahraga se-Asia Tenggara serta menempatkan 4 atlet dan 3 pelatih menjadi The Best Athelete dan The Best Coach. 

Menurut Sigit tahun ini bukan hanya SKOI Kaltim yang menjadi wakil Indonesia melainkan juga SKO Ragunan milik Kemenpora RI. “Dipastikan ajang Internasional Sports School Games tahun ini akan lebih ketat dan menarik, sebab para atlet SKOI bukan hanya melawan atlet dari Negara lain namun juga bersaing dengan bangsa sendiri, sehingga menjadi tantangan  bagi para atlet SKOI,” jelasnya 

Kepala UPTD SKOI Agustianur menyatakan saat ini cabang–cabang olahraga yang diberangkatkan ke Thailand dalam masa persiapan guna meraih hasil maksimal. ”Kami tidak membebani atlet dengan target yang tinggi, terpenting keinginan kami adalah para atlet SKOI untuk dapat mengharumkan nama daerah dan Negara di kancah Internasional,” jelasnya. 

Diharapkan kontingen SKOI Kaltim akan dilepas secara resmi oleh Gubenur Kaltim Awang Faroek Ishak. (jay/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation