64 Atlet Kaltim Siap Bertanding di FORNAS III Bali

64 Atlet Kaltim Siap Bertanding di FORNAS III Bali

 

SAMARINDA – Jumat (2/10) kemarin bertempat di halaman Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gaja Mada, Samarinda dilakukan pelepasan kontingen Kaltim yang akan mengikuti Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS)  III di Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali, 9-11 Oktober.  Kontingen berjumlah 97 orang, terdiri dari 64 Atlet dan 33 official, pelatih, pendamping, serta panitia. Mereka  akan terbang ke Bali 8 Oktober mendatang. 

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, dalam sambutan yang dibacakan Asisten Pemerintahan Sayid Faturrahman menyampaikan dukungan kepada atlet-atlet Kaltim. Para atlet diminta agar dapat menjaga sikap dan nama baik Kaltim di ajang tersebut.

“Setibanya nanti di Bali, saya berharap para peserta dapat bersikap dan berperilaku baik, tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk nama baik Kaltim,” kata pesan Awang. 

Awang menambahkan, apabila para atlet dapat mengukir prestasi, maka prestasi tersebut akan menjadi kenangan dan kebanggaan bagi segenap masyarakat Kaltim.

Sementara itu, Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kaltim, Encik Widyani menyampaikan bahwa tahun ini adalah kali kedua Kaltim turut berpartisipasi dalam agenda dua tahunan ini. 

“Berbeda dengan tahun lalu, dimana kontingen FORNAS Kaltim hanya diwakilkan oleh kontingen asal Samarinda, tahun ini kontingen Kaltim juga berasal dari Kutim, Paser dan Balikpapan,” ungkap Encik Widyani usai pelepasan kemarin.  

Pada gelaran FORNAS II di Semarang tahun 2013, atlet Kaltim belum berhasil meraih prestasi maksimal. Karena itu, tahun ini Encik berharap pihaknya mampu meraih prestasi terbaik. 

“Kontingen asal Samarinda sudah berlatih secara intensif. Selain itu, perwakilan dari Balikpapan di cabang layang-layang sudah berpengalaman mengikuti festival layang-layang internasional di PPU September lalu,” tambahnya. 

Dalam kesempatan ini, Encik juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Direktur Utama Bank Kaltim Zainuddin Fanani karena telah menyiapkan topi khas Kaltim, seraung sebagai atribut kedaerahan bagi para kontingen dalam acara pembukaan FORNAS III,  9 Oktober nanti. 

FORNAS III di Bali melombakan 34 cabang olahraga (cabor), yang terbagi dalam 3 kategori, yaitu 10 cabor di kategori kesehatan dan kebugaran, 13 cabor kategori tradisi dan budaya, serta 11 cabor untuk kategori petualangan dan tantangan.

Atlet asal Samarinda yang berjumlah 30 orang akan mengikuti 8 cabor, yaitu lomba hadang, egrang, dagongan, terompah panjang, tarik tambang, sepeda BMX, skateboard dan inline skate. Sementara 15 atlet dari Kutai Timur mengikuti 2 cabor, yakni gateball dan dagongan.

Untuk cabor senam kreasi daerah dan aerobik kelompok umur/perorangan, diwakilkan oleh 12 atlet asal Paser. Dari Balikpapan, 2 orang atlet dipercayakan untuk mengikuti perlombaan di cabor layang-layang dan terakhir, 5 atlet dari Federasi Airsoft Indonesia (FAI) Kaltim siap diturunkan untuk cabor airsoft gun. (aka/sul/hmsprov)

//Foto: Kontingen Kaltim yang siap berlaga di arena Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS)  III di Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali. (seno/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait