7 Forum Nyatakan Sikap Bersama Jaga NKRI

7 Forum Nyatakan Sikap Bersama Jaga NKRI

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meminta kepada semua forum, baik lintas  suku, agama dan etnis di Kaltim untuk tetap menjaga kekompakan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Dengan adanya  penyataan sikap bersama yang dilakukan oleh semua forum,  diharapkan kewaspadaan dini terhadap kemungkinan terjadinya konflik bisa dilakukan dengan baik. Hal itu sangat penting sebelum konflik meluas hingga menyebabkan insiden seperti yang terjadi di Tolikara, Papua belum lama ini," kata Awang Faroek Ishak pada Silaturahmi Akbar dan Halal Bihalal Idul Fitri, Kamis (30/7).      

Ketujuh yang hadir menyatakan sikap. Yakni Forum Kebangsaan Kaltim (FKK), Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaaan (FPK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT), Forum Komunikasi Pengusaha Kaltim (FKPK) dan  Tim Terpadu Pengananan Gangguan Keamanan Daerah (TTPGKD). 

Pernyataan sikap bersama terdiri dari empat poin. Antara lain mengajak seluruh elemen masyarakat secara bersama-sama untuk tetap memelihara dan meningkatkan iklim persaudaraan, kedamian, ketentraman, kebersamaan dan toleransi diantara sesama umat beragama yang selama ini selalu terpelihara secara lintas suku, agama dan etnis di seluruh wilayah Kaltim dan Kaltara. 

Kemudian mengajak seluruh lapisan masyarakat Kaltim dan Kaltara untuk tidak terprovokasi serta tidak terpengaruh dengan insiden di Karuba, Kabupaten Tolikara (Papua) yang telah mencederai kebersamaan, toleransi serta persatuan dan kesatuan bangsa.

Seluruh lapisan masyarakat diajak untuk bersatu padu memelihara kebersamaan dan toleransi sesama umat beragama demi tegaknya NKRI. Pernyataan sikap tersebut dibacakan Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kaltim H S Alwy As, yang didampingi para ketua forum lainnya. Setelah dibacakan, pernyataan sikap tersebut selanjutnya diserahkan Pembina/Penasehat Forum Kebangsaan Kaltim HM Jos Soetomo kepada Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak. (mar/sul/es/advertorial)

//Foto: Pembina/Penasehat Forum Kebangsaan Kaltim HM Jos Soetomo menyerahkan naskah pernyataan sikap kepada Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak. (johan/humasprov kaltim).

 

 

Berita Terkait