70 PNS Selesai Ikuti Seminar dan Konseling Pra Pensiun

70 PNS Selesai Ikuti Seminar dan Konseling Pra Pensiun

 

YOGYAKARTA – Sebanyak 70 Peserta telah selesai mengikuti kegiatan Seminar dan Konseling bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pra  Purna Tugas Tahap II Tahun 2019 di Ling-kungan Pemerintah Provinsi Kaltim yang berlangsung di DI Yogyakarta 3-6 November 2015.

Berdasarkan hasil konseling dan penilaian dari tim LPKM Universitas Gadjah Mada disebutkan, sebanyak 43 orang menyatakan Siap Terencana, artinya mereka siap secara fisik dan mental serta finansial untuk menghadapi masa pensiun. Kemudian sebanyak 24 orang menyatakan Siap Fisik dan Mental, namun belum terencana bagaimana menghadapi masa pensiun, sedangkan sisanya sebanyak 3 orang Perlu Pembinaan.

Sehubungan dengan Gubernur Kaltim yang diwakili Staf Ahli Bidang Kesra, Pemberdayaan Masyarakat dan Pencapaian MDGs, Ir Hj Halda Arsyad MM pada acara penutupan Kamis malam 5/11) mengingatkan agar dari sekarang para peserta mempersiapkan kondisi fisik dan mental dengan mencoba untuk selalu berpikir positif atas apa yang telah dicapai selama ini.

“Jika seorang suami, maka Saudara bisa mendiskusikan ini semua dengan istri atau sebaliknya sang istri pada suaminya sebab pasangan Saudaralah yang paling mengerti bagaimana kondisi Saudara semenjak masih aktif bekerja hingga mencapai masa pensiun,” katanya.

Selain itu, terapkan gaya hidup yang sehat, kembangkan hobi atau kegiatan positif yang dulu sedmpat tertunda, buat perencanaan anggaran keuangan sebelum masa pensiun tiba, agar kelak tidak mengalami masalah keuangan dengan mencoba untuk berinvestasi.

“Terus menjaga hubungan baik dengan relasi atau rekan-rekan selama bekerja. Terkadang, dengan tetap menjalin komunikasi yang baik, Saudara tetap bisa melakukan kegiatan yang dulu sering dilakukan bersama atau sekedar bertukar pikiran dalam hubungan silaturrahmi yang masih terjalin dengan baik, di samping memperdalam keimanan dan ketaqwaan pada Tuhan Yang Maha Esa,” kata Halda.

Pada kesempatan itu, dia juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Panitia, yakni; Badan Kepe-gawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltim, para Narasumber dari BKN-RI, Kanreg VIII BKN, Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Ekbang, Keuangan dan SDM, LPKM Universitas Gadjah Mada dan Staf Ahli Gubernur DI Yogyakarta yang bersinergi menyukseskan seminar dan konseling tersebut.

Sebelumnya, pada pagi hingga siang hari dilakukan pula kunjungan lapangan. Para peserta diajak melihat dari dekat proses pembuatan kerajinan rajutan dan ke rumah kemas yang menyediakan jasa pengemasan produk UKM dengan harga murah, namun tetap berkualitas. (ri/hmsprov).

//Foto: Para peserta mempeperhatikan penjelasan tentang pengemasan produk UKM. (hadri/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation