89 Peserta Bersaing Masuk ISBI

89 Peserta Bersaing Masuk ISBI

 

SAMARINDA – Tahun ini sebanyak 89 putra-putri asal Kaltim mengikuti tes seleksi masuk Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Samarinda, Jalan Pahlawan Samarinda, Selasa (23/6).

Dari 89 peserta tersebut akan terpilih sebanyak 50 orang yang akan menempuh pendidikan program S1 untuk empat program studi (prodi), yaitu seni tari, televisi, kriya seni dan etnomusikologi.

Ketua Tim Beasiswa Kaltim Cemerlang 2015 Basmen Nainggolan mengatakan penerimaan ini merupakan kali keempat dilaksanakan ISBI Kaltim yang sementara ini masih melakukan proses perkuliahan di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Program ini merupakan kerjasama antara ISI Yogyakarta dengan Pemprov Kaltim.

“Peserta dinilai berdasarkan kualitas pada masing-masing prodi. Misalkan seni tari, etno dan kriya dinilai dari aspek keterampilan. Kemudian untuk prodi televisi dinilai berdasarkan kemampuan akademik,” kata Basmen, Rabu (24/6).

Menurut dia, animo paling banyak dari mahasiswa untuk empat prodi ISBI yang merupakan program dari Beasiswa Kaltim Cemerlang adalah prodi televisi. Terbukti saat ini jumlah mahasiswa Kaltim pada prodi televisi sejak 2012 jumlahnya mencapai 100 orang.

“Yang jelas, ini akan kami evaluasi, sehingga informasi dari setiap prodi dapat dilakukan. Meski demikian, kami tetap terus melakukan sosialisasi untuk pengembangan perguruan tinggi ini. Terutama dalam memperkenalkan prodi yang disediakan dalam program Beasiswa Kaltim Cemerlang,” jelasnya.

Selain itu, penilaian dari kualitas keterampilan maupun tes akademik dari masing-masing prodi, juga dilakukan tes wawancara dari pihak ISI Yogyakarta, sehingga calon mahasiswa yang lolos mampu bersaing dan mengikuti studi yang diberikan selama perkuliahan.

“Nanti akan dipadukan antara nilai ujian tes seleksi dengan nilai Ujian Nasional (UN) dari masing-masing peserta. Yang terbaik dan berkualitas itulah yang lulus dan mempunyai kesempatan kuliah di ISBI,” jelasnya.

Pengumuman hasil tes seleksi masuk ISBI Kaltim akan diinformasikan 2 minggu setelah tes seleksi. Pengumuman dilakukan melalui website resmi Beasiswa Kaltim Cemerlang www.beasiswa-kaltim.info.

Diketahui, hingga saat ini jumlah mahasiswa Kaltim yang kuliah di ISBI melalui program Beasiswa Kaltim Cemerlang sebanyak 188 orang, terdiri dari angkatan 2012 sebanyak 53 orang, angkatan 2013 65 orang dan angkatan 2014 sebanyak 70 orang. Sedangkan 2015, Pemprov Kaltim menargetkan 50 orang. (jay/sul/hmsprov)

//Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama mahasiswa ISBI dan ITK. (dok/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait