Kalimantan Timur
99,64 Persen Siswa SMP Sederajat di Kaltim Lulus UN

SAMARINDA- Tahun ini Kaltim berhasil meluluskan siswa dengan presentase lulusan mencapai 99,64 persen dari jumlah peserta Ujian Nasional (UN) 55.376 orang, baik SMP maupun MTS. Pengumuman tersebut disampaikan pada Sabtu ini (1/6) secara serempak di masing-masing kabupaten dan kota se-Kaltim, karena hasil ujian telah disampaikan kepada masing-masing Disdik Kabupaten dan Kota.

“Jadi ada 260 lebih peserta yang tidak lulus ujian tahun ini. Namun, kami berharap kepada seluruh siswa yang belum lulus, masih punya kesempatan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, yakni dengan mengikuti ujian paket B atau mengulang tahun depan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim di Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (31/5).

Diharapkan peserta UN yang belum lulus jangan berkecil hati. Sebab, masih ada waktu yang akan datang. Karena itu, ke depan siswa yang belum berhasil dapat meningkatkan pengetahuannya. Caranya, dengan semangat belajar.

Sementara, bagi yang telah dinyatakan lulus, jangan merayakan kelulusan dengan berlebihan. Diimbau jangan ada corat coret baju dan konvoi, sebaiknya seragam yang ada disumbangkan kepada adik-adik yang belum lulus, terutama yang kurang mampu.

“Hura-hura hanya akan merugikan diri sendiri. Diharapkan orang tua dan pihak sekolah dapat mengimbau seluruh siswa agar tidak melakukan tindakan tersebut,” jelasnya.

Musyahrim juga mengimbau, agar orang tua tidak memaksakan anak yang telah lulus untuk masuk di sekolah favorit. Sebab, semua sekolah adalah sama. Karena, saat ini setiap sekolah telah memiliki kualitas mutu pendidikan yang sama dengan yang lain, yakni memiliki kurikulum yang sama.(jay/hmsprov)

Berita Terkait