Adiyat : Pers Bertanggungjawab Mencerdaskan Bangsa

 SAMARINDA – Pers atau media massa bertanggungjawab mencerdaskan masyarakat dan  bangsa. Pers harus mampu menyampaikan informasi yang mendidik (edukatif) dan objektif.

Ungkapan itu disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kaltim HS Adiyat dalam Dialog Interaktif Hari Pers Nasional (HPN) ke-19 Tahun 2016 di Studio 1 TVRI Kaltim, Rabu (27/1).

“Tanggunggjawab pers (wartawan) itu terlihat dari produknya berupa tulisan yang mampu memberikan informasi benar dan akurat tentang kegiatan pemerintahan,” kata Adiyat.

Selain itu, orang yang dijadikan narasumber merupakan orang yang memang kompeten dan ahli di bidangnya.

Walaupun tidak sedikit pula lanjut Adiyat, masih ada tulisan wartawan yang dinilai tidak bisa dipertanggungjawabkan atau tidak mendidik, sehingga harus dilakukan klarifikasi sebagai hak jawab.

Namun demikian ujarnya, secara person atau penampilan dan tata cara pers khususnya yang biasa melakukan liputan di lingkup Pemprov Kaltim cukup baik dan berkompeten.

Adiyat mengakui pemerintah merasa sangat terbantu dengan pemberitaan yang dibuat pers Kaltim. Terutama berita terkait kegiatan pembangunan dan kebijakan pemerintah.

“Pemerintah dan pers sangat kuat hubungannya. Insan pers atau wartawan baik cetak maupun elektronik itu bagi pemerintah adalah mitra strategis. Kami, Pemerintah Provinsi Kaltim mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-19,” ucap Adiyat.

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Kaltim Charles Siahaan mengemukakan pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas dan kompetensi wartawan baik cetak maupun elektronik.

“Jujur PWI dan Pemprov Kaltim sudah beberapa kali menyelenggarakan uji kompetensi wartawan atau UKW. Tujuannya tidak lain agar pers kita lebih profesional dan bertanggungjawab,” ujar Charles Siahaan. (yans/sul/es/hmsprov)

Berita Terkait