AFI : Bantu Hingga Perguruan Tinggi

Tujuh Siswa Terima Beasiswa PT Bayan Resources

 

SAMARINDA–Enam pelajar dari empat daerah di Kaltim mendapatkan bantuan beasiswa dari PT Bayan Resources Tbk untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah lanjutan tingkat atas di Akademi Siswa Bangsa Internasional (ASBI) Bogor. Selain enam pelajar asal Kaltim, beasiswa serupa juga diberikan kepada seorang pelajar asal Kalimantan Selatan (Kalsel).

Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak mengharapkan agar bantuan beasiswa bagi pelajar Kaltim dari PT Bayan Resources Tbk menjadi contoh bagi perusahaan lain untuk menunjukkan kepedulian dan perhatian terhadap masyarakat sekitar perusahaan.

“PT Bayan Resources harus memberikan dukungan dan bantuan biaya pendidikan bagi pelajar sekitar perusahaan minimal hingga sarjana. Kalau perlu sampai S3,” harap Awang Faroek Ishak  saat pelepasan pelajar penerima beasiswa di Ruang Tepian I, Jumat (8/8).

Menurut Awang, PT Bayan Resources, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batubara dengan wilayah kerja Kutai Barat dan Kutai Timur harus meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat sekitar.

Demikian halnya dengan perusahaan-perusahaan lainnya yang melakukan berbagai kegiatan usaha di Kaltim harus mampu menunjukkan kepedulian kepada masyarakat sekitar perusahaan melalui program community development (comdev) atau corporate sosial responsibility (CSR).

Dalam berbagai kesempatan, Awang Faroek selalu mengingatkan agar di setiap daerah dapat dibentuk forum multi stakeholders CSR guna memaksimalkan pelaksanaan program-program CSR di masing-masing daerah.

“Setiap perusahaan harus memiliki tanggungjawab sosial untuk menyejahterakan masyarakat sekaligus memajukan daerah tempat dia mengeksploitasi sumber daya alam. Ada 33 PKP2B serta 1.400 KP di Kaltim yang memiliki kewajiban sosial,” ungkap Awang.

Dalam kesempatan itu gubernur berharap agar setelah menjalani pendidikan di luar daerah maka para penerima beasiswa itu harus kembali untuk membangun daerah sesuai dengan kemampuan serta keahlian pendidikan yang mereka miliki.

Sementara itu Direktur Health Safety Environment and Community Development PT Bayan Resources Tbk Syamsudin Halik menyebutkan para pelajar Kaltim yang akan menerima beasiswa hingga masa belajar selama tujuh tahun itu terdiri tiga pelajar dari Kutai Barat dan masing-masing satu orang dari Kutai Timur, Kutai Kartanegara dan Balikpapan. Satu pelajar lagi dari Kalsel.

"Pelajar yang berhasil mendapatkan beasiswa ini sudah melewati proses seleksi yang sangat ketat. Selain faktor ketidakmampuan ekonomi mereka, faktor nilai akademik mereka juga menjadi pertimbangan penting bagi kami," kata Syamsudin Halik.

Sedangkan  Direktur Putra Sampoerna Foundations Ari Kunwidodo yang menjadi bagian dari kerjasama ini mengemukakan para pelajar yang mendapat bantuan beasiswa belajar PT Bayan Resources Tbk di ASBI Bogor itu akan mengisi jurusan teknik selanjutnya ke perguruan tinggi hingga kelak lulus sebagai sarjana teknik. (yans/sul/hmsprov)

Foto : Gubernur Awang Faroek Ishak memberi ucapan selamat kepada enam pelajar Kaltim yang mendapat beasiswa dari PT Bayan Resources.  (johan/humasprov)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation