AFI: Ormas Telah Berkontribusi untuk Pembangunan Daerah

Halal Bihalal Enam Ormas di Kaltim

SAMARINDA – Kehadiran sejumlah oraganisasi kemasayarakatan di Kaltim telah berdampak signifikan untuk percepatan pembangunan daerah, khususnya yang terkait dengan jaminan kondusifitas wilayah yang selama ini dirasakan bersama.

Hal itu dikatakan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat menghadiri hal bihalal  enam Ormas yang tergabung dalam  Forum Komunikasi Persaudaraan Masyarakat Kaltim (FKPMKT), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kaltim (FKDMKT) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kaltim. Forum Pembauran Kebangsaan Kaltim (FPKKT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Kaltim (FKPTKT) serta Forum Komunikasi Pengusaha Kaltim (FKPKT).

Kegiatan yang berlangsung di Samarinda itu, Minggu malam itu bertujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi antar berbagai komponen masyarakat yang terdiri dari berbagai suku, etnis dan agama.

Gubernur mengatakan, pemerintah tidak mungkin mampu melaksanakan semua program pembangunan tanpa dukungan semua pihak di daerah. Keberadaan enam forum ini bagi pemerintah sangat strategis demi kemajuan daerah.

Saat ini lanjut Awang, berbagai kemajuan sudah dapat dirasakan masyarakat bahkan kinerja pemerintahan di berbagai sektor telah menghasilkan sederet prestasi. Tentu prestasi ini dapat dicapai berkat kebersamaan dan kekompakan pemerintah dan masyarakat.

Selain itu, kondusifitas di daerah sebagai modal dasar pembanguan hingga saat ini tetap terjaga dan terpelihara dengan sangat baik. “Walaupun Kaltim sangat heterogen dengan penduduk migrasi, namun kerukunan tetap terjaga dengan baik di sini,” katanya.

Pemerintah pada dasarnya ujar Awang, sangat mengharapkan terciptanya komunikasi dan hubungan yang harmonis antar sesama warga masyarakat Kaltim maupun masyarakat dengan pemerintah yang lebih baik.

“Forum ini hanya wadah untuk merekatkan masyarakat kita yang terdiri dari berbagai suku, adat dan agama. Namun pada dasarnya individu masyarakat itulah yang menjadi barometer untuk tetap memiliki semangat memelihara kedamaian daerah,” tutur Awang.

Pemprov Kaltim telah membuat kebijakan  khususnya terkait penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan guna mewujudkan kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Lima tahun pertama menurut gubernur telah terlaksana berbagai program pembangunan demi peningkatan taraf hidup masyarakat. “Meskipun dalam kenyataannya belum maksimal namun perlahan kita tetap terus berkomitmen mewujudkan kesejahteraan rakyat,” ujar Awang.

Sehingga lima tahun berikutnya ini diharapkan mampu menuntaskan beberapa proyek yang telah masuk dalam  program prioritas pembangunan. “Lima tahun kedua kepemimpinan saya ini kami terus memacu berbagai program prioritas pembangunan agar tuntas,” katanya.

Ditegaskan, potensi dan kekayaan sumber daya alam Kaltim yang berlimpah ini harus mampu memberikan imbas positif guna peningkatan kualitas hidup sumber daya manusia (SDM) yang lebih berkualitas serta berdaya saing tinggi.

Karenanya, keberadaan forum sebagai mitra pemerintah hendaknya mampu memberi makna demi keberlangsungan pembangunan daerah. “Marilah kita bersama-sama mewujudkan Kaltim lebih maju, sejahtera serta mandiri dan berdaya saing tinggi,” ajak Awang Faroek Ishak.

Dalam kesempatan itu dilakukan pembacaan deklarasi oleh pimpinan enam forum terkait upaya bersama untuk tetap menjaga serta memelihara keamanan dan kedamaian serta kondusifitas daerah dari gangguan maupun ancaman pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. 

Tampak hadir Wakil Gubernur HM Mukmin Faisyal,  pembina forum H Yos Soetomo dan Pj Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie serta Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun dan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Dicky Wainal Usman, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kaltim dan Walikota Samarinda H Syaharie Ja’ang. (yans/sul/es/hmsprov).

 

////FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat menghadiri hal bihalal  enam Ormas di Kaltim.(masdiansyah/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation