AFI : Tingkatkan Kinerja dan Prestasi 2014

Bappeda SKPD Terbaik 2013

SAMARINDA – Tahun 2013 merupakan tahun prestasi kinerja bagi Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim. Prestasi ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan sebagai SKPD Terbaik I Tahun 2013 untuk keseluruhan kategori.

Penilaian dilakukan untuk kategori penerapan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan pengelolaan kepegawaian, pengelolaan keuangan dan kebersihan lingkungan serta SKPD inovatif, pelaksana urusan pemerintah serta pengelolaan barang milik daerah.

Menurut Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, hingga saat ini jajaran Pemprov Kaltim yang di dalamnya terdapat puluhan SKPD masih berkomitmen untuk menjadikan Tahun 2014 sebagai tahun peningkatan kinerja dan prestasi.

“Penghargaan ini harus menjadi tekad kita bersama untuk mewujudkan kinerja yang lebih baik. Saya mengajak seluruh jajaran agar terus meningkatkan kinerja, terutama yang berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat,” ajak Awang Faroek Ishak dalam Peningkatan Kapasitas Pejabat Struktural Eselon II, III dan Direksi BUMD di Gedung  Auditorium Bandiklat Kaltim, Kamis (27/2).

Dijelaskan, selama lima tahun kepemimpinan Gubernur Awang Faroek Ishak bersama Wakil Gubernur H Farid Wadjdy pada periode 2008-2013 Pemprov Kaltim telah menerima berbagai penghargaan dari tingkat nasional maupun regional, bahkan internasional.

Selain itu, dalam upaya mewujudkan pemerintahan bersih dan berwibawa terlepas dari tindak KKN, maka Kaltim dengan seluruh jajaran pemerintah daerah bertekad menjadi Wilayah Bebas Korupsi melalui pembentukkan zona integritas.

“Selama beberapa tahun kita selalu menerima opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) akhirnya kita mampu mewujudkan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Itu bukan pekerjaan Awang Faroek tetapi itu merupakan hasil kerja tim, kita semua,” ungkap Awang.

Terdapat enam dinas/badan yang menerima penghargaan sebagai SKPD Terbaik Tahun 2013 untuk seluruh kategori. Selain Bappeda,  Terbaik II diraih  Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim dan Terbaik III diterima Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim.

Terbaik IV diperoleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kaltim dan Terbaik V diterima  Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kaltim serta Terbaik VI diberikan kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kaltim.

Untuk Kategori Penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Terbaik I diraih, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM  Kaltim.   Sedangkan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan  Kaltim meraih Terbaik I SKPD Pelaksana Urusan Pemerintahan.

Sementara untuk Pengelolaan Kepegawaian, Badan Kepegawaian Daerah  Kaltim menjadi yang terbaik. Selanjutnya, Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim diberi penghargaan Terbaik I sebagai SKPD Inovatif dan RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda sebagai Terbaik I Kebersihan Lingkungan SKPD. Sedangkan untuk Pengelolaan Keuangan, Dinas Peternakan Kaltim menjadi yang terbaik. (yans/sul/hmsprov) .

//Foto: KINERJA DAN PRESTASI. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyerahkan penghargaan untuk Kategori Penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Terbaik I kepada Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM  Kaltim HM Djailani. (johan/humasprov kaltim)

Berita Terkait