AFI: Daerah Harus Tetap Kondusif

Kaltim Siap Gelar  Pemilu

SAMARINDA – Kaltim siap menyukseskan penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) 2014 khususnya pemilu legislatif (Pileg) pada 9 April yang tinggal menghitung hari dan kini telah memasuki masa tenang. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengharapkan agar kondusifitas daerah tetap terjaga  dan terpelihara, sehingga pesta demokrasi berjalan dengan kualitas terbaik.

“Saya sudah menerima laporan dari Ketua KPU Kaltim bahwa secara umum tahapan penyelengaraan Pileg 9 April ini sudah berjalan hingga memasuki hari H. Namun, terpenting kewajiban kita bersama agar daerah tetap kondusif,” ujar Awang Faroek Ishak usai pertemuan dengan jajaran KPU Kaltim di Ruang Rapat Pendopo Lamin Etam, Rabu (2/4).

 Bahkan lanjutAwang, dia sudah memperoleh gambaran terhadap kondisi keamanan dan ketertiban di daerah sesuai dengan laporan pihak Kepolisian Daerah Kaltim dan instansi terkait.

Selain itu, jajaran TNI khususnya dari Komando Daerah Militer (Kodam) VI Mulawarman melalui Pangdam Mayjen TNI Dicky Wainal Usman dan Komando Resort Militer (Korem) 091 Aji Surya Natakesuma (ASN) melalui Danrem Kolonel Inf Nono Suharsono menyetakan siap memberi dukungan personil untuk pengamanan.

Termasuk dukungan personil dan peralatan operasional untuk memudahkan pendistribusian logistik Pemilu khususnya ke daerah-daerah terpencil dan pedalaman serta perbatasan di Kaltim dan Kaltara.

Awang mengakui, Kaltim termasuk Kaltara yang secara administratif sudah terpisah dengan provinsi induk (Kaltim) namun masih memiliki kawasan-kawasan yang secara geografis sulit dijangkau melalui darat maupun laut sehingga di tempuh melalui jalur udara.

“Saya sangat berterimakasih atas upaya yang dilakukan Polda dalam pengamanan di daerah termasuk pengamanan pendistribusian logistik Pemilu. Tidak terkecuali TNI yang selama ini sudah sangat besar andilnya dalam mendukung keamanan di daerah,” ujarnya.

Namun, keterlibatan masyarakat tetap diperlukan terutama dalam pengawasan dan pengamanan di lingkungan masing-masing. Karena, perhelatan lima tahunan ini harus disukseskan agar nanti terpilih orang-orang yang berkualitas yang mampu mewakili masyarakat.

“Kita sangat berkepentingan dengan penyelenggaraan Pileg 9 April, sehingga pengamanan dan ketertiban harus tetap tercipta peran serta keterliban masyarakat sangat diperlukan walaupun sebatas lingkungan masing-masing,” harap Awang Faroek Ishak.(yans/sul/es/hmsprov).

///FOTO : Gubernur Awang Faroek Ishak saat memimpin pertemuan dengan jajaran KPU Kaltim.(syaiful/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait
Government Public Relation