AFI: Pedagang Jangan Menaikkan Harga Barang

Jelang Ramadhan Gubernur Sidak Pasar

 

SAMARINDA -  Memasuki Bulan Ramadhan tahun ini, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak melakukan inspeksi mendadak ke beberapa pusat perekonomian masyarakat diantaranya Pasar Segiri dan Pasar Pagi Samarinda.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur berharap agar para pedagang tidak menaikkan harga barang kebutuhan pokok. “Saya minta pedagang daging tidak menaikkan harga karena pasokan cukup,” ujarnya disela sidak di Pasar Pagi, Sabtu (28/6).

Awang meyakinkan para pedagang di dua pasar baik Pasar Pagi maupun Pasar Segiri akan ketersediaan atau stok daging serta ayam dan ikan maupun kebutuhan pokok masyarakat lainnya masih tercukupi (stabil).

Menurut dia, gejolak harga atau terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat termasuk daging, ayam dan ikan khususnya memasuki pelaksanaan hari besar keagamaan terutama menjelang Ramadhan biasanya karena pasokan kurang.

Tetapi saat ini,  ujar Gubernur Kaltim khususnya di kawasan perkotaan terutama lagi di Kota Samarinda pasokan masih tercukupi. Sehingga, tidak ada alasan bagi pedagang untuk menaikkan harga kebutuhan pokok terutama daging dan ayam serta ikan dan telor.

Diakuinya, masih banyak pedagang yang mencoba memanfaatkan momen seperti memasuki Bulan Ramadhan ini. “Karena umat muslim pada bulan-bulan ini banyak melakukan kegiatan atau acara keagamaan dan kebutuhan sangat besar,” ungkap Awang Faroek.

Namun demikian, ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan diantaranya cabai yang didatangkan dari Sulawesi namun produk lokal harganya masih murah. Khusus sembilan bahan pokok, Awang  menjamin tidak ada kenaikan.

Menurut dia,  masalah transportasi menjadi kendala, terutama untuk pasokan barang-barang yang berasal dari Pulau Jawa yang tidak dapat diprediksi kondisinya, terutama yang berkaitan dengan cuaca. Sementara  beberapa jenis Sembako di Kaltim maish tergantung pada  daerah lain.

Kondisi itulah yang terkadang mempengaruhi kenaikan harga walaupun seharusnya tidak terlalu tinggi. Dia berharap agar cuaca tidak sampai mengganggu transportasi angkutan Sembako maupun distribusi kebutuhan pokok masyarakat. 

Didampingi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan HM Sa’bani, Kepala Dinas Peternakan Kaltim H Dadang Sudarya dan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura  H Ibrahim, Gubernur dari kediaman melakukan kunjungan ke Pasar Pagi sejak pukul 09.00 Wita.

Kemudian dilanjutkan ke Pasar Segiri. Tampak mengikuti sidak Gubernur yakni Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim H Iwan Mulyana serta Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UMKM HM Djaelani, Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim S Adiyat dan sejumlah pejabat dari Pemkot Samarinda.(yans/sul/es/hmsprov)

///FOTO : Gubernur Awang Faroek saat berbincang dengan pedagang ikan di pasar pagi Samarinda.(fadjar/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation