AFI: PKK Fokus Kembangkan 10 Program Pokok

AFI: PKK Fokus Kembangkan 10 Program Pokok

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak kembali mengimbau agar jajaran Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) provinsi dan  kabupaten/kota fokus melaksanakan serta mengembangkan hal-hal yang berkaitan dengan 10 program pokok PKK.

Bahkan ujar Awang,  10 program pokok PKK dapat disinkronkan dengan program-program pembangunan yang telah ditetapkan dan sedang dilaksakanan pemerintah daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

“Mari kita fokus melaksanakan 10 program pokok PKK dengan baik. Sehingga, saya yakin ketahanan dan kesejahteraan keluarga dan masyarakat dapat dicapai,” kata Awang Faroek Ishak pada malam welcome party HKG-PKK ke-42 di Pendopo Lamin Etam, Sabtu (19/4).

Secara umum PKK menurut Awang  merupakan mitra pemerintah dan memiliki kiprah sangat  luas untuk mendukung sukses pembangunan guna mencapai kemajuan dan kesejahteraan daerah.

Selain itu, pembangunan yang dilaksanakan saat ini telah memberikan peluang sangat besar kepada kaum wanita terutama yang tergabung dalm organisasi PKK dan tidak ada batasan bagi wanita untuk dalam berkiprah di berbagai bidang pembangunan sesuai dengan profesinya.

“Peran kaum wanita harus dapat menyikapi berbagai dinamika dan perubahan yang terjadi sekarang ini khususnya dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. Khususnya mampu memberdayakan dan meningkatkan peran keluarga dalam bermasyarakat,” ujarnya.

Menyikapi tema HKG PKK kali ini, Gubernur yang juga Ketua Pembina TP PKK Kaltim menyatakan sangat sepakat bahkan apabila ketahanan dalam keluarga dapat terwujud maka akan mampu berkontribusi pada ketahanan daerah bahkan nasional.

“Tema HKG PKK tahun ini kita perkuat ketahanan keluarga sebagai wujud persatuan dan kesatuan bangsa. Saya sepakat, sebab kekuatan kita berasal dari lingkup terkecil yaitu keluarga apabila terwujud maka mampu berkontribusi untuk daerah bahkan nasional,” jelasnya.

Awang juga menegaskan dirinya segera melakukan evaluasi terhadap setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) lingkup provinsi dan vertikal agar menjalin kerjasama dengan TP PKK baik tigkat provinsi maupun kabupaten dan kota  di Kaltim.

Karena saat ini pemerintah sedang fokus melakukan pembangunan di bidang pendidikan dan kesehatan serta menanggulangi kemiskinan dan masalah kesejahteraan keluarga maupun masalah sosial lain dalam masyarakat Kaltim.

“Permasalahan sosial merupakan tanggungjawab pemerintah sekaligus tantangan kita semua untuk mengatasinya termasuk jajaran PKK. Sepuluh program pokok PKK masih sangat relevan untuk dilaksanakan sekarang ini. Saya akan evaluasi SKPD mana yang masih enggan bekerjasama dengan PKK,” tegas Awang Faroek.

Sementara itu Walikota Samarinda H Syaharie Ja’ang selaku tuan rumah penyelenggaraan HKG PKK ke-42 tingkat provinsi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur bersama jajaran Pemprov Kaltim atas dukungan terhadap kegiatan TP PKK .

Tampak hadir Wakil Walikota Samarinda H Nusyirwan Ismail dan Wakil Ketua TP PKK Kaltim Hj Sarminah Mukmin Faisyal serta Ketua TP PKK Samarinda Hj Puji Setyowati Ja’ang dan Wakil Ketua TP PKK Samarinda Hj Sri Lestari.

 Dalam kesempatan tersebut  Awang Faroek Ishak menyerahkan Piala Bergilir Gubernur Kaltim dari Ketua TP PKK Bontang Hj Najirah Adi Dharma kepada Wakil Ketua TP PKK Kaltim, sekaligus penyematan Bunda Penggerak Lingkungan bagi Ketua TP PKK kabupaten dan kota se-Kaltim.(yans/hmsprov)

///FOTO :  Awang Faroek Ishak menyerahkan Piala Bergilir Gubernur Kaltim kepada Wakil Ketua TP PKK Kaltim Hj Sarminah Mukmin Faisyal (kiri), setelah menerima dari Ketua TP-PKK Kota Bontang Hj. Najirah Adi Darma (kanan).(masdiansyah/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation