AFI: Tingkatkan Pelayanan dan Semangat Kerja

1.148 PNS Naik Pangkat

SAMARINDA – Dalam kurun 2014 ini khususnya periode 1 April sebanyak 1.148 PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang tersebar dari kabupaten dan kota  se-Kaltim menerima Surat Keputusan (SK) kenaikan pangkat diserahkan Gubernur Awang Faroek Ishak.

“Bagi seluruh pegawai terlebih yang menerima kenaikan pangkat, saya minta agar senantiasa berupaya meningkatkan kualitas diri dan pelayanan dengan memiliki etos kerja tinggi dilandasi semangat kerja keras, disiplin, jujur dan loyal,” harap Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak  pada Peningkatkan Kapasitas Pejabat Eselon II , III dan Direksi BUMD di Samarinda, pekan lalu.

Kenaikan pangkat harus diiringi dengan tekad yang kuat untuk meningkatkan kinerja yang ditunjukkan dengan terjadinya perubahan yang lebih baik dalam pencapaian target kerja dan prestasi yang diperoleh. 

Menurut dia, setiap diri pegawai harus mengerti dan memahami bahkan mampu melaksanakan prinsip-prinsip yang terkandung dalam disiplin PNS dengan penuh tanggungjawab sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Pada PP tersebut ditekankan mengenai kewajiban dan larangan bagi PNS, termasuk penekanan pada disiplin kehadiran (absensi). Termasuk yang berkaitan dengan penerapan prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik.

Khusus terhadap penerapan Sistem Absensi Online (SAO) sebagai upaya untuk memantau (monitoring) kehadiran dan disiplin kerja agar tepat waktu. Kehadiran harus terus dipantau bahkan tidak dapat dimanipulasi yang dibuktikan dengan tanda tangan.

Bagi PNS di jajaran Pemprov Kaltim untuk sanksi tidak mematuhi disiplin dikenakan pemotongan bahkan penghapusan insentif tiap bulan hingga pemberhentian sebagai PNS. Karena itu, diharapkan agar PP  itu dipelajari dan dipahami kemudian dipatuhi dengan baik.

“Semoga kenaikan pangkat ini menjadi motivasi sekaligus pemicu semangat untuk mampu bekerja lebih keras, cerdas dan ikhlas. Kalau hal ini dapat kita lakukan maka tidak ada lagi masyarakat yang mengeluh hanya karena masalah pelayanan,” ujarnya.

Dijelaskan, Kaltim selama beberapa tahun ini telah banyak menerima prestasi sebagai bentuk penghargaan berbagai pihak atas kinerja yang dilakukan jajaran Pemprov Kaltim baik yang berkaitan dengan pelayanan publik maupun kinerja instansi.

“Sinergitas lintas sektor harus terus kita tingkatkan. Tahun ini hingga tahun-tahun kedepan semangat kekompakan serta berkarya untuk daerah dan masyarakat menjadi dasar kita dalam bekerja. Yakinlah kita kalau komitmen ini dapat dilaksanakan penuh tanggungjawab maka kemajuan daerah kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan,” ungkap Awang.(yans/sul/es/hmsprov) 

////FOTO :  Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menyerahkan SK kenaikan pangkat pegawai di lingkungan Pemprov Kaltim. Pegawai bisa tersenyum kenaikan pangkat saat ini tepat waktu.(johan/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait
Government Public Relation