Agar Tak Jadi Penonton, Libatkan Dalam Pembangunan

Peninjauan lokasi ibu kota negara (IKN) di Kecamatan Sepaku

BALIKPAPAN - Peninjauan lokasi ibu kota negara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara akhirnya selesai. Lokasi IKN yang ditinjau gubernur dan menteri berada di sekitaran Desa Bumi Harapan, Kelurahan Pemaluan, Desa Binuang, Desa Telemo dan Kelurahan Maridan. "Sampai sekarang ini sejak awal diumumkan oleh presiden, masyarakat itu sangat luar biasa positifnya dan mereka menunjukkan kebahagiaan dan kegembiraan. Itu adalah modal dasar dalam rangka mewujudkan sebuah ibu kota negara baru di Kaltim. Jadi tidak ada resistensi. Tidak ada penolakan dari masyarakat Kaltim," tutur Isran saat diwawancarai di kapal, Selasa (2/10/2019). 

Isran optimis masyarakat Kaltim bisa dan siap menerima pendatang baru. Sebab, masyarakat Kaltim sudah heterogen. Sudah banyak pendatang sebelum-sebelumnya. "Kami sudah sosialisasi kepada masyarakat untuk siap dan melibatkan diri dalam pembangunan IKN supaya tidak menjadi penonton," tutur Isran.

Selesai meninjau lapangan, perjalanan Gubernur Kaltim Isran Noor dengan Menteri Bapenas Bambang Brodjonegoro dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil kembali ke Balikpapan menggunakan kapal. Jika sebelumnya Isran dan rombongan menggunakan kapal besar, ketika bertolak harus menggunakan kapal kecil karena kondisi air surut. (yuv/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait