Agustus Pemberangkatan Jemaah Haji Kaltim

SAMARINDA-Kuota jumlah jemaah haji Kaltim untuk tahun 2016 masih sama dengan pelaksnaaan ibadah haji 2015,  secara nasional yaitu berjumlah 168 ribu jemaah dimana sebelumnya mendapat kuota 211 ribu jemaah,  karena sempai sekarang masih berlaku pemotongan kuota sebanyak 20 persen, terkait dengan belum selesainya perbaikan Masjidil Haram serta masih banyaknya perbaikan hotel-hotel yang belum selesai.

"Untuk pelaksanan ibadah haji tahun ini, direncanaakan pada bulan Agustus 2016 akan  dimulai pemberangkatan untuk jamaah haji Kaltim," jelas Kepala Kantor Departemen Agama Provinsi Kaltim Drs H Saifi, akhir pekan lalu.

Dikatakan, Departemen Agama Provinsi Kaltim masih menunggu hasil konsultasi pemerintah dengan DPR RI tentang penetapan ongkos ibadah haji,  apakah ada perubahan ongkos naik haji, namun bagi masyarakat yang sudah mendaftar uang muka pada tahun ini, Insyah Allah tidak lama lagi akan di umumkan, termasuk untuk kuota tahun ini. Walaupun demikian masyarakat yang sudah  mendaftar bisa melihat di Kantor Departemen agama di masing-masing kabupaten/kota.

Guna memantafkan pelaksanaan jalannya ibadah haji, Departeman Agama tahun ini,

Akan terus meningkatkan pembinaan kepada calon jemaah haji mengenai tata cara pelaksanaan rukun-rukun ibadah haji, untuk tahun pelaksanaan manasik haji ada penambahan, dari 6 kali sebelumnya ditambah menjadi 10 kali pertemuan, yang akan dilaksanakan baik di Kantor Urusan Agama (KUA) maupun di Kantor Departemen Agama masing-masing kabupaten/kota.

"Kita harapkan dengan adanya penambahan manasik haji, dari 6 kali, menjadi 10 kali pertemuan, ini dilakukan untuk lebih memaksimalkan pembinaan dan memantafkan pelaksanaan jalannya ibadah haji khususnya pada pelaksanaan dilapangan,"kata Saifi.(mar/hmsprov)

Berita Terkait