AIDS Tanggung Jawab Semua

AIDS Tanggung Jawab Semua

 

SAMARINDA : Wakil Gubernur Kaltim H Mukmin Faisyal meminta semua elemen masyarakat turut mengambil peran dan tanggung jawab dalam upaya penanggulangan AIDS di Kaltim.

“Kita semua harus berperan dalam upaya mencegah dan menanggulangi bahaya AIDS yang senantiasa mengancam,” ujar Wagub saat menerima audiensi jajaran Kantor Wilayah  Kementerian Hukum dan HAM serta Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kaltim, di ruang kerjanya, Kamis (23/10).

Mukmin mengatakan, persoalan penanggulangan AIDS tidak hanya menjadi tanggung jawab komisi penanggulangan AIDS semata tetapi juga menjadi perhatian dan tanggung jawab semua elemen masyarakat karena penderita dan korban penyakit mematikan ini cenderung meningkat.

“Pemerintah, masyarakat, LSM, dunia usaha dan seluruh unsur lainnya harus bersatu menanggulangi bahaya AIDS dan upaya ini harus terus menerus dilakukan, jangan samapi berhenti” tegasnya.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kaltim Jurnanto mengatakan epidemi HIV-AIDS saat ini sedang dalam kondisitransisi epidemologi,  kasus-kasus HIV-AIDS yang dulu yang dianggap hanaya diderita para pekerja seks komersial, pengguna narkoba melalui jarum suntik, kaum gay dan waria, kasusnya sudah berkembang ke ibu rumah tangga bahkan ibu hamil.

“Korban sudah menyebar kemana-mana, karenanya upaya penanggulangan AIDS ini harus lebih ditingkatkan lagi baik melalui penyuluhan-penyuluhan dan lain-lain,” ujarnya.

 Semua elemen masyarakat mempunyai tanggung jawab dalam upaya penaanggulangan AIDS. Hingga kini, pengidap HIV di Kaltim tercatat mencapai 3.000 penderita.

Jurnanto mengatakan dalam kaitan peringatan Hari  AIDS Sedunia (HAS) yang diperingati tiap tanggal 1 Desember, Kementerian Hukum dan HAM secara nasional, menjadi penyelenggara peringatan HAS.

“Peringatan HAS ini kita jadikan momentum bagi segenap elemen masyarakat untuk bersatu mencegah dan menanggulangi bahaya AIDS,” katanya.

Peringatan HAS tahun ini mengambil tema “ Cegah dan Lindungi Diri Keluarga dan Masyarakat dari HIV AIDS dalam rangka perlindungan HAM”. (gie/hmsprov)

//Foto: Wakil Gubernur Kaltim H Mukmin Faisyal berbincang dengan jajaran Kantor Wilayah  Kementerian Hukum dan HAM serta Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kaltim. (fajar/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait