Ajang Promosi Produk UMKM Daerah

Kaltim Fair ke 5 2015

SAMARINDA - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kaltim Fair kembali digelar tahun ini. Gelaran kelima Kaltim Fair ini diharapkan bisa menjadi ajang promosi produk unggulan  pelaku UMKM (usaha mikro kecil menengah) binaan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kaltim.  

Pameran seperti ini diharapkan bisa lebih banyak diikuti para pelaku usaha asal Kaltim dan bukan justru lebih banyak didominasi para pelaku usaha luar Kaltim, apalagi luar negeri. Ini sangat penting untuk menyiapkan para pelaku usaha Kaltim memasuki era pasar bebas ASEAN yang resmi berlaku mulai tahun ini.

“Para pelaku usaha kita harus siap menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Pameran seperti ini seharusnya hanya diikuti UMKM kita. Jangan sampai kita tidak siap lalu kalah bersaing,” kata Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Kaltim M Sa’bani mewakili Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak ketika membuka Kaltim Fair ke-5 2015 di Halaman Parkir Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda, Kamis (9/4).

Sa’bani meminta agar SKPD dan BUMN maupun BUMD di Kaltim lebih fokus. Misal, PT Pupuk Kaltim Bontang membina para pelaku yang sesuai bidang bisnisnya, bukan  usaha ukir-ukiran kayu maupun batu, seperti sudah dilakukan sebelumnya.

“Harusnya yang dibina itu adalah sesuai program atau produk yang dihasilkan. Bisa saja, karung pupuk PKT diolah jadi bahan jadi. Sehingga PKT bisa membeli kembali produk yang diolah binaannya tersebut. Termasuk BUMN maupun BUMD yang lain juga demikian,” tegasnya. 

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas produk binaan, maka SKPD dan BUMN maupun BUMD di Kaltim dapat membeli hasil olahan yang dibuat binaan masing-masing. Tujuannya, untuk mengetahui kualitas produk olahan yang dibuat para binaan. Harapannya, ketika olahan itu bagus, ke depan mampu bersaing dengan produk olahan UMKM dari luar negeri.

“Jadi, SKPD maupun BUMN dan BUMD dapat mengevaluasi hasil produk binaan masing-masing, sehingga bisa bersaing atau tidak,” jelasnya.

Sehubungan dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Pemprov Kaltim mengimbau dan mengajak seluruh rakyat Kaltim untuk berkunjung dan menyaksikan produk unggulan yang ditampilkan.  

Sementara itu, Kepala Badan Perijinan dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Kaltim Diddy Rusdiansyah mengatakan, Kaltim Fair tahun ini difokuskan pada pelaku UMKM binaan SKPD, BUMN dan BUMD di Kaltim.

”Kegiatan ini rangkaian HUT ke-58 Provinsi Kaltim. Kaltim Fair tahun ini merupakan kegiatan yang terakhir dilaksanakan di Halaman Parkir Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda. Karena tahun depan dilaksanakan di Convention Hall Samarinda,” jelasnya.

Kaltim Fair dilaksanakan 9 - 13 April 2015 dengan 154 stand dari 67 instansi SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim serta BUMN dan BUMD. (jay/sul/hmsprov)

 

//Foto: Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Kaltim M Sa’bani dipasangkan cincin batu akik Red Borneo pada pembukaan Kaltim Fair 2015. (fajar/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation