Ajang Seleksi Atlet Menembak Jelang PON XIX 2016

Kejurnas Menembak AFC III 2014

BALIKPAPAN – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Menembak Awang Faroek Cup (AFC) III 2014 merupakan ajang seleksi atlet menembak dari masing-masing provinsi se Indonesia, terutama Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) Kaltim jelang PON XIX 2016 di Jawa Barat maupun ajang menembak tingkat internasional.

Kejuaraan tersebut juga sebagai ajang meningkatkan kualitas dan prestasi atlet menembak di Indonesia, terutama di Kaltim sehingga atlet dapat mengukur kemampuan yang dimiliki selama ini.

“Karena kegiatan ini juga diikuti atlet usia muda, diharapkan dapat menjadi ajang seleksi dan mencetak bibit atlet muda berbakat yang bisa membawa nama baik daerah dan negara di tingkat nasional maupun internasional. Karena itu, perlu wadah untuk pembinaan atlet menembak di Indonesia sehingga kejuaraan ini dilaksanakan setiap tahun,” kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat membuka Kejurnas Menembak AFC III 2014 di Balikpapan, Minggu (21/9).

Kegiatan ini telah menjadi agenda rutin Pengurus Besar (PB) Perbakin setiap tahun dengan harapan dapat membina atlet menembak di Indonesia. Bahkan diharapkan dengan keikutsertaan peserta dari seluruh Indonesia menyemarakkan kejuaraan tersebut dan diyakini mampu memberikan kontribusi besar bagi prestasi dunia olahraga menembak di Indonesia.

“Selain kejuaraan ini, Oktober 2014 juga dilaksanakan kejuaraan tembak reaksi level II di Balikpapan. Apalagi, kegiatan tersebut dipastikan diikuti 100 atlet menembak. Diharapkan peserta kejurnas AFC juga turut meramaikan kejuaraan tersebut, sebagai ajang pembinaan,” jelasnya.

Selain itu, Pemprov Kaltim juga berharap KONI Kaltim dapat menginstruksikan kepada seluruh Pengprov cabang olahraga (Cabor) untuk dapat memanfaatkan aset eks PON 2008, terutama untuk cabor menembak menjadi tempat latihan rutin para atlet.

 “Saya optimis jika kejuaraan menembak, tingkat nasional maupun internasional dapat dilaksanakan Kaltim, terutama di Lapangan Tembak Manggar Balikpapan. Didukung akses transportasi yang memadai, memungkinkan saya mengusulkan jika Asean Games 2018 untuk Cabor menembak dilaksanakan di Kaltim,” jelasnya.

Sementara Ketua Bidang Target PB Perbakin Irjen Pol (Purn) Benny J Mamato mengatakan antusias peserta Kejurnas AFC III sangat luar biasa. Apalagi, lapangan yang dimiliki telah berstandar internasional.

“Saya pikir sangat tepat jika kejuaraan tingkat internasional dilaksanakan di Kaltim, tepatnya di Balikpapan. Karena sarana dan prasarana yang dimiliki lengkap. Bahkan saya telah menawarkan kepada Gubernur, dalam waktu dekat ada dua kejuaraan menembak tingkat ASEAN yang pantas dilaksanakan di Kaltim, ternyata gubernur menyatakan siap dan sepulang dari Kaltim saya akan menyampaikan ke Ketua Umum Perbakin agar Kaltim diusulkan untuk menjadi tuan rumah kejuaraan tersebut,” jelasnya.

Ketua Panitia Kejurnas AFC Joko Setiono mengatakan kegiatan ini telah dilaksanakan sejak 2012 dan ini merupakan ajang kualifikasi dan seleksi PON XIX 2016 di Jawa Barat bagi seluruh Pengprov Perbakin se Indonesia terutama Kaltim.

“Mudah-mudahan kejuaraan ini sebagai panduan bagi Pengprov Perbakin se Indonesia untuk menyeleksi atlet-atlet yang berbakat dan berkualitas agar bisa mewakili daerah masing-masing sehingga bisa turun dicabang olahraga tersebut,” jelasnya.

Kejurnas tersebut digelar sejak 21-28 Oktober 2014 di Lapangan Tembak Manggar Balikpapan yang diikuti 439 peserta, terdiri atas 26 Pengprov Perbakin dan Klub Menembak se Indonesia. Jumlah tersebut lebih banyak dari pada AFC II 2013, dengan  326 peserta.

Peserta yang mengikuti even tersebut, antara lain Kaltim yang terdiri dari Samarinda, Balikpapan, Berau, Bontang, Kutim, PPU. Kaltara diikuti Malinau dan Tarakan. Kalimantan Selatan, Kalteng, Sulawesi Utara, Sulsel, Sulteng, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Aceh, NTB, Bali, Kepulauan Riau, Yogyakarta dan Papua. (jay/es/hmsprov)    

///FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak (empat dari kiri) bersama sejumlah atlet peserta Kejurnas Menembak AFC III-2014.(norjaya/humasprov)

 

      

Berita Terkait
Government Public Relation