Akan Beri Bantu Rp 100 Juta

Gubernur Tinjau Kebakaran Balikpapan


BALIKPAPAN - Pemprov Kaltim melalui Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim  menyerahkan bantuan bagi korban kebakaran  di  Kelurahan Baru Ilir,  Balikpapan Barat. Bantuan yang diberikan berupa  perlengkapan makanan sebanyak 212 paket, kids ware 56 paket, 3 tenda gulung atau terpal 50 lembar, 48 lembar handuk, 25 selimut tikar 30 lembar, sarung 50 lembar, seragm SD 26 pasang, seragam SMP 35 pasang dan seragam SMA 33 pasang.   
Bantuan diserahkan Asisten III Bidang Kesra Pemprov Kaltim H Bere Ali, mewakili Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, Ahad (14/7). Saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Camat Balikpapan Barat Hasanuddin, Bere Ali didampingi  Kepala BPBD Kaltim H Wahyu Widhi Heranata.  
Bere mengungkapkan aksi cepat untuk membantu para korban kebakaran ini dilakukan atas perintah langsung Gubernur Awang Faroek. Diantara langkah yang dilakukan adalah melalui Dinas Sosial dengan penyaluran bahan pangan termasuk penangangan darurat dengan mendirikan bantuan dapur umum. Selain itu, bantuan juga dilakukan melalui BPBD Kaltim.
“Kita fokuskan  untuk pemenuhan kebutuhan para korban kebakaran di pengungsian. Apalagi saat ini adalah bulan ramadhan. Kami patut berbangga dan berterima kasih atas partisipasi berbagai elemen masyarakat yang demikian besar untuk  membantu warga yang lain yang tertimpa musibah dalam bentuk sembako maupun pakaian layak pakai,” jelasnya.   .  
“Semoga bantuan ini bermanfaat dan para korban tetap tabah menghadapi cobaan ini, karena musibah tidak pernah bisa diketahui kapan datangnya sehingga harus tetap tabah dan bersabar,” kata Bere Ali di sela-sela penyerahan bantuan tersebut.
Sementara Lurah Kelurahan Baru Ilir, Kecamatan Balikpapan Barat, Arsulul Chairi mengatakan, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak juga sudah meninjau langsung para korban kebakaran.
“Pak gubernur  meskipun sibuk masih menyempatkan diri meninjau langsung ke lokasi sekitar pukul 23.00 Wita. Meskipun tengah malam tetap semangat meninjau Posko, juga lokasi kebakaran,” ungkapnya.
Selain itu juga gubernur menjanjikan bantuan dana sebesar Rp 100 juta bagi para korban kebakaran.  
“Atas nama warga yang tertimpa musibah kebakaran, kami mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Awang Faroek yang telah memberi perhatian secara langsung,” ujarnya.   
Untuk diketahui,  kebakaran yang  terjadi pada Jumat 12 Juli sekitar pukul 19.45 Wita menghanguskan 78 bangunan, meliputi empat  Rukun Tetangga yakni RT 38, 39, 40, 41 dengan jumlah kepala keluarga167  Kepala Keluarga ( KK)  terdiri  572 jiwa. (sar/hmsprov).

Berita Terkait