Akhir Oktober Ditargetkan Capai 85 Persen

Pencairan Beasiswa Kaltim Cemerlang 2015

SAMARINDA – Beasiswa Kaltim Cemerlang yang merupakan program unggulan Gubernur Awang Faroek Ishak untuk membantu pelajar dan mahasiswa di Kaltim, hingga Jumat 23 Oktober 2015 sudah tersalur sekitar 47 persen. Dinas Pendidikan Kaltim optimis, akhir Oktober pencairan beasiswa akan mencapai 85 persen.  

“Hari ini (kemarin),  kami sudah kirim ke rekening penerima beasiswa untuk kategori kabupaten/kota. Setiap harinya pasti dilakukan transfer dana beasiswa yang telah cair tersebut,” kata Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Pendidikan Tinggi (Dikti) Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim, Basmen Nainggolan mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Musyahrim.

Belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, dimana pencairan dana beasiswa sering terlambat, Pemprov Kaltim membuat Memorandum of Understanding (MoU) untuk mempercepat pencairan dana beasiswa, termasuk beasiswa ke Rusia.

Jika mengikuti peraturan seperti tahun-tahun yang lalu, diperlukan Surat Keputusan (SK) sebelum cairnya dana beasiswa tersebut.

“Untuk menunggu SK tersebut, dibutuhkan waktu yang cukup lama. Ada lima paraf yang dibutuhkan, termasuk paraf Gubernur dan Sekda, jadi untuk mempercepat pencairan dana, dibuatlah MoU tersebut. Akan terlalu lama jika menunggu SK keluar,” papar Basmen.

Hingga saat ini telah dicairkan dana beasiswa sebesar Rp27 miliar. Basmen mengharapkan pada akhir tahun 2015 nanti pencairan dana bisa mencapai 95 persen.

“Kami tidak memasang target 100 persen karena dari beberapa calon penerima beasiswa ini banyak yang rekeningnya bermasalah, sehingga berkasnya harus di-retur (diurus ulang),” jelasnya.

Rekening yang bermasalah adalah salah satu permasalahan yang sering ditemui pengurus Beasiswa Kaltim Cemerlang. Namun, permasalahan tersebut tidak  lantas membatalkan pencairan beasiswa kepada para calon penerima. Karena itulah, Basmen menambahkan, target 100 persen pencairan akan terus dikejar hingga akhir Januari 2016.  

“Beasiswa itu telah menjadi hak mereka, tidak mungkin kami batalkan pengirimannya. Sebab itulah kami beri waktu untuk memperbaiki berkas yang salah tersebut,” tegas Basmen lagi.

Beasiswa Kaltim Cemerlang akan terus dilaksanakan hingga 2018. Program ini merupakan bukti nyata bahwa Gubernur Awang Faroek Ishak memiliki kepedulian terhadap pembangunan pendidikan di Kaltim. Kualitas sumber daya manusia yang baik bisa diciptakan dengan pendidikan yang baik. Dengan memberikan dukungan dalam bentuk pendanaan, gubernur telah mendukung terciptanya sumber daya manusia berkualitas di Kaltim. (aka/sul/es/hmsporv)

Foto : Gubernur Awang Faroek Ishak menyerahkan Beasiswa Kaltim Cemerlang, tahun lalu. (dok/humasprov)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation