Akomodasi dan Infrastruktur Kaltim Dukung Pengembangan Pariwisata

Kajian Kesesuaian Infrastruktur Terhadap Pariwisata

SAMARINDA - Pemenuhan sarana akomodasi dan infrastruktur berperan penting untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata Kaltim. Dengan sarana akomodasi dan infrastuktur memadai dapat menjadi kebanggaan masyarakat daerah maupun para wisatawan nusantara dan mancanegara.
Karena itu, peran pemerintah daerah untuk mendorong  pemenuhan sarana akomodasi dan infrastruktur  untuk dunia kepariwisataan menjadi salah satu kunci keberhasilan di daerah masing-masing.
Hal itu sangat penting, karena lokasi pariwisata Kaltim umumnya adalah wisata alam, sehingga ketersediaan akomopdasi dan sarana infrastruktur sangat diperlukan untuk mempermudah mencapai sejumlah kawasan wisata setempat.
”Jika melihat kondisi kepariwisataan Kaltim,  90 persen tersedia dari alam, sisanya adalah wisata buatan. Guna mendukung kepariwisataan  alam di daerah ini, sarana akomodasi dan inrastuktur sangat diperlukan." kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kaltim,  Hj Halda Arsyad terkait hasil kajian kesesuaian infrastruktur terhadap pengembangan pariwisata di Kaltim, Rabu (16/10).
Menurut dia, memang saat ini infrastruktur di Kaltim terus mengalami perkembangan yang signifikan. Bahkan, akses antar kabupaten dan kota sudah memadai. Tetapi, sarana penunjang dalam menyukseskan sektor pariwisata dinilai masih kurang.
Karena itu, diharapkan adanya kerjasama pemerintah dan swasta dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata. Apalagi, jika melihat potensi Kaltim yang sangat menjanjikan bagi peningkatan ekonomi masyarakat.
Meskipun dunia kepariwisataan belum mendominasi kegiatan ekonomi masyarakat, tetapi prospek pengembangannya sangat baik, dengan menciptakan keterkaitan antar kepariwisataan nasional, pengembangan promosi wisata disertai penetapan dan pengembangan objek wisata unggulan.
Dia menyebutkan, kajian di tiga kabupaten dan kota, yakni di Balikpapan, Kutai Kartanegara dan Berau. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan kebijakan bagi Pemprov Kaltim dalam pembuatan berbagai kebijakan terkait dengan sektor pariwisata dan memudahkan pemerintah daerah mengembangan sektor pariwisata ditopang infrastruktur penunjang sesuai karakteristik daerah.(jay/hmsprov)

////FOTO : Sejumlah home stay milik warga di kawasan wisata Pulau Derawan yang merupakan pendukung pengembangan kepariwisataan dari segi akomodasi.(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation