Aksioma Tingkat Provinsi Dibuka

Ajang Kreatifitas dan Sportifitas Siswa Madrasah
 
SAMARINDA – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim, HM Kusasi membuka Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) Tingkat Provinsi yang berlangsung di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarinda, Rabu (25/9). Aksioma tahun ini diikuti 355 pelajar madrasah dari 14 kabupaten dan kota di Kaltim dan Kaltara.
Sejumlah lomba yang akan dipertandingkan pada Aksioma dibagi dalam cabang olahraga dan seni.   Untuk cabang olahraga diantaranya adalah atletik, bulu tangkis beregu dan tenis meja beregu. Sedangkan untuk cabang seni diantaranya MTQ, pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Arab, pidato bahasa Inggris dan kaligrafi. Aksioma diikuti oleh pelajar Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.
“Kompetisi ini merupakan proses pembelajaran berkreasi, bertindak sportif serta beraktualisasi diri. Ajang ini juga diharapkan dapat menumbuhkembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, demokratis dan bertanggung jawab,” kata Kusasi.
Aksioma akan menjadi ajang kompetisi yang akan memusatkan perhatian pada kekuatan jiwa, otot dan pikiran dalam upaya pengembangan kreatifitas dan prestasi.  
Kusasi menjelaskan, para pemenang dalam Aksioma tingkat provinsi ini akan menjadi duta-duta Kaltim pada ajang Aksioma tingkat nasional yang akan digelar di Kota Malang, Jawa Timur, Nopember mendatang.
“Saya berharap, kalian bisa menjadi duta-duta Kaltim yang sportif dan kreatif, sekaligus berprestasi pada Aksioma tingkat nasional nanti,” seru Kusasi.
Sementara itu,  Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Kaltim, Hj Ity Rukiah menyebutkan, kompetisi di lingkup internal madrasah di Kaltim juga dimaksudkan untuk mendukung sukses prestasi atlet-atlet pelajar Kaltim di event-event yang lain.
“Beberapa atlet Aksioma, yang dulu bernama Pospeda,  juga menjadi bagian dari kontingen Popnas dan ajang lainnya. Intinya kami akan terus bersinergi dan mendukung pembangunan olahraga di daerah ini,” ungkap Ity.
Pembukaan Aksioma kemarin berlangsung meriah, meski terik matahari sangat menyengat. Para peserta mendapat hiburan drumband dan seni tari yang ditampilkan para pelajar madrasah. Selain menyanyikan lagu-lagu kebangsaan, acara semakin meriah dengan pembacaan ayat-ayat suci dan puisi.
Aksioma    berlangsung 24 – 27 September dengan peserta terbanyak dari Kota Balikpapan sebanyak 54 pelajar, disusul Samarinda dengan 50 pelajar dan Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU)  48 pelajar. Sedangkan Kabupaten Tana Tidung tidak mengirimkan wakil-wakilnya. (sul/hmsprov)

///FOTO : Sejumlah peserta yang akan mengikuti Aksioma tingkat Propinsi Kaltim 2013.(yayan/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation