Alhamdulillah, SBU APT Pranoto Sudah Terbit

Runway Bandara APT Pranoto siap didarati setelah SBU resmi diterbitkan Kementerian Perhubungan 15 Mei kemarin. (syaiful/humasprov)

SAMARINDA - Kabar gembira untuk warga Samarinda dan warga Kaltim. Pasalnya Sertifikat Bandar Udara (SBU) Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto resmi diterbitkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Dirjen Perhubungan Udara. Sertifikat ditandatangani Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso dengan Nomor 145/SBU-DBU/V/2018 tertanggal 15 Mei 2018.

"Alhamdulillah, saya sujud syukur atas terbitnya sertifikat ini. Artinya perjuangan masyarakat Samarinda untuk memiliki bandara yang lebih representatif terwujud sudah. Ini juga telah saya laporkan kepada Gubernur Awang Faroek Ishak," kata Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Salman Lumoindong di Samarinda, Rabu (16/5).

Salman mengatakan, selanjutnya dengan terbitnya sertifikat ini, maka pada 24 Mei 2018 soft opening Bandara APT Pranoto akan benar-benar terwujud.  Sertifikat ini merupakan syarat bandar udara untuk dapat diterbangi dan didarati. Dia berharap penyambutan atas pendaratan perdana pada 24 Mei mendatang berjalan lancar.

"Perdana didarati Express Air yang menerbangkan penumpang dari Berau ke Samarinda. Gubernur Awang Faroek Ishak siap menerima. Sekitar pukul 09.00-10.00 wita penerbangan mendarat dari Berau ke Bandar Udara APT Pranoto Samarinda," jelasnya.

Selanjutnya, pada 23 Mei 2018 Temindung resmi ditutup mulai pukul 16.00 wita. Pada 23 Mei 2018 malam direncanakan proses buka puasa bersama di Bandara APT Pranoto.

"Secara fisik bandara siap dioperasikan. Hanya saja, memang masih ada perapian yang harus dilakukan. Yang jelas, sementara penerbangan yang akan dilayani khusus yang dilakukan di Temindung, baik dilakukan Express Air dan Susi Air," jelasnya. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait
LENSA KALTIM MAJU
LENSA KALTIM MAJU

29 Desember 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan

Berita Foto
Berita Foto

02 November 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan