Ali Gufron Mukti: Kaltim Luar Biasa

Wamenkes Resmikan Gedung Direktorat Poltekes

SAMARINDA-Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Ali Gufron Mukti mengatakan, komitmen Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak terhadap bidang kesehatan tidak diragukan lagi dengan membangun berbagai fasilitas kesehatan yang memadai.

"Kemenkes dan Pemprov Kaltim menginginkan seluruh masyarakat Kaltim khususnya dan Indonesia pada umumnya mampu terlayani dengan baik pada bidang kesehatan seiring dengan diluncurkan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)," kata Wamenkes Ali Gufron Mukti pada peresmian Gedung Direktorat Poltekes Kemenkes Jl Kurnia  Makmur Samarinda Seberang, Kamis (30/1).

Pihaknya bersaama Pemprov Kaltim terus mendorong para tenaga kesehatan bisa memgabdi secara tulus meskipun jauh dari perkotaan. Kemenkes juga akan mencari pola-pola baru  supaya para tenaga kesehatan betah ditempat ia bekerja bahkan Pemprov Kaltim juga akan memberikan berbagai kemudahan baik insentif, fasilitas dan berbagai kemudahan lainnya, juga program beasiswa Kaltim cemerlang untuk mahasiswa bidang kesehatan yang diberikan setiap tahunnya.

Menurut dia, apa yang dilakukan Kaltim tersebut merupakan tindakan positif sebagai human investment atu investasi manusia. Sekalipun pelaksanaannya perlu menghabiskan anggaran cukup besar. Namun menjadi modal bagi pelaksanaan pembangunan kedepan.

"Seiring hal itu ,Kemenkes bersama Pemprov Kaltim  berkomitmen meningkatkan derajat kesehatan di kawasan terpencil maupun perbatasan, kepulauan dengan menempatkan petugas-petugas kesehatan yang profesional. Dia berharap dengan adanya gedung Direktorat yang baru, kinerjanya meningkat dan membuat kenyamanan baik para mahasiswa maupun dosennya sehingga mampu menghasilkan tenaga kesehatan yang berkualitas.

Di tempat sama Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal mengatakan, Pemprov Kaltim menyadari, masyarakat sangat memerlukan adanya fasilitas dan layanan kesehatan yang memadai seperti rumah sakit, Puskesmas, Puskesmas Keliling, Puskesmas Terapung, balai pengobatan, rumah bersalin, Posyandu dan fasilitas pendukung lainnya. Serta tersedianya tenaga medis seperti dokter umum, dokter spesialis, perawat, bidan, apoteker, analisis obat dan makanan, ahli gizi dan lain sebagainya.

"Poltekkes harus tanggap dan peduli terhadap persoalan pembangunan dan kemasyarakatan, bangsa dan negara. Karena itu, keberadaan Gedung Direktorat Poltekkes bagi Pemerintah Provinsi Kaltim sangat penting, sesuai dengan peranannya yakni melaksanakan pengembangan pendidikan profesional dalam sejumlah  keahlian di bidang Kesehatan," jelasnya.

Berkaitan permasalahan kesehatan, Poltekkes harus dapat menjadi bagian yang terdepan dalam menaruh kepeduliannya.Utamanya pada pemenuhan tenaga kesehatan yang masih sangat diperlukan, karena ada beberapa rumah sakit dan Puskesmas di Kaltim yang mengalami kekurangan seperti dokter, perawat, bidan, tenaga asisten apoteker, analis kesehatan.

Sementara itu Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Kaltim H Ramli  menjelaskan, terwujudnya gedung Direktorat yang resprentatif ini berkat dorongan  Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak yang terus mendorong Poltekkes untuk lebih maju bukan hanya gedung saja, namun SDM dosen dan staf yang berkualitas.

"Semoga dukungan dan bantuan pemerintah Kaltim terus diberikan untuk menjadikan Politeknik kesehatan ini lebih maju di masa yang akan datang, ujaranya.(sar/hmsprov).

//Foto: DORONGAN GUBERNUR. Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal mendampingi Wamenkes Ali Gufron Mukti pada peresmian Gedung Direktorat Poltekes Kemenkes Jl Kurnia  Makmur Samarinda Seberang. (fajar/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait