Alumnus SMKN 3 Samarinda Wakili Indonesia


 

Ikuti Lomba ASC XI Tingkat ASEAN

SAMARINDA- Alumnus SMKN 3 Samarinda, Saridah menjadi yang terbaik pada ajang kejuaraan hairdressing atau tata rambut tingkat nasional. Saridah pun berhak menjadi wakil Indonesia dikompetisi ASEAN Skill Competitions (ASC) XI tingkat ASEAN yang akan digelar di Malaysia 19-26 September 2016.

Atas prestasi tersebut Pemprov Kaltim melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) memberikan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan alumnus SMKN 3 tersebut. Diharapkan prestasi ini dapat memotivasi siswa lainnya di Kaltim.

“Ini prestasi yang membanggakan daerah. Kami harap, Saridah juga mampu memberikan hasil terbaik di tingkat ASEAN. Apalagi, ketika di tingkat ASEAN membawa nama Negara, tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri,” kata Kepala Disnakertrans Kaltim Fathul Halim, Senin (19/9).

Fathul berpesan, agar semua pihak khususnya para guru yang telah membina serta para siswa SMKN 3 Samarinda dapat memberikan dukungan melalui doa untuk Saridah agar memberikan prestasi terbaik bagi Negara dan daerah.

Sementara itu, Kepala SMKN 3 Samarinda Sitti Aisyah menjelaskan Saridah berhasil meraih terbaik tingkat nasional setelah melalui tahapan panjang. Mulai seleksi tahap 1 Saridah dari Kaltim bersama wakil dari DKI Jakarta dan Jawa Tengah mengikuti karantina selama tujuh bulan di Martha Tilaar Beauty School Jakarta.

Kemudian tahap 2 Saridah mampu menyisihkan wakil Jawa Tengah dan DKI Jakarta sehingga berhak menjadi wakil Indonesia di tingkat ASEAN.

“Kita harapkan di tingkat ASEAN Saridah mampu meraih prestasi membanggakan,” kata Sitti Aisyah.

Dia menjelaskan, ASC adalah event dua tahunan yang melombakan berbagai jenis keterampilan. Di mana kegiatan ini digagas oleh para Menteri Tenaga Kerja se-Asia Tenggara. Tujuan penyelenggaraan ini adalah dalam rangka meningkatkan hubungan yang lebih erat antara negara-negara anggota ASEAN dan dijadikan sebagai tolok ukur sejauh mana tingkat kompetensi tenaga kerja muda untuk bisa menunjukan kemampuan terbaik dalam penguasaan keterampilan atau kompetensi yang dimiliki. 

“Diharapkan ke depan ada wakil Kaltim yang mampu memberikan prestasi terbaik bagi daerah, sehingga daerah ini mampu meningkatkan kompetensi dan prestasi dan memiliki generasi Saridah berikutnya yang mampu bersaing menghadapi Masyarakat Economi ASEAN (MEA),” tegasnya. (jay/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation