Aman dan Lancar

Ist

Gema takbir berkumandang, sejak Jumat pagi (31/7/2020). Umat muslim bergembira merayakan Idul Adha 1441 H, meski dalam suasana pandemi yang masih mengancam.

 

Masjid-masjid yang menggelar ibadah salat Idul Adha bersiaga dengan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19.

 

"Dari pantauan kami, semua masjid menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kesadaran masyarakat juga cukup tinggi untuk secara bersama mencegah penularan Covid-19," kata Kepala BPBD Kaltim Yudha Pranoto, Sabtu (1/8/2020).

 

Protokol kesehatan di area pelaksanaan salat Idul Adha dimaksud meliputi penyediaan media cuci tangan, sanitizer di pintu masuk dan sekitar masjid. Penggunaan masker para jamaah, menjaga jarak aman dan tidak ada salam-salaman di akhir rangkaian salat Idul Adha.

 

"Kami sangat bersyukur semua berjalan lancar dan protokol kesehatan juga dipatuhi," tambah Yudha.

 

Demikian pula saat pemotongan dan pembagian daging kurban. Di semua lokasi penyembelihan, panitia sudah mengatur dengan baik sehingga tidak ada tumpukan warga yang berkerumun atau berdesakan untuk mendapatkan daging kurban.

 

Pada saat yang sama, para petugas BPBD di semua daerah pun terus melakukan monitoring dan pendataan kegiatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, selama perayaan Idul Adha.

 

Sabtu hari ini, penyembelihan hewan kurban juga masih akan dilakukan. Termasuk hewan kurban dari keluarga besar Gubernur Kaltim H Isran Noor dan Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi.

 

"Mudah-mudahan semua berjalan lancar dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Dan  semoga Covid-19 segera berlalu," tutup Yudha. (sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait