Anak Muda Kaltim Bersiaplah ke Toyama

 

TOYAMA, JEPANG - Peluang besar bagi anak-anak muda Kaltim yang ingin bekerja di Jepang. Toyama, salah satu provinsi di Negeri Sakura, saat ini disebut-sebut sedang sangat membutuhkan tenaga-tenaga muda. Pasalnya, provinsi berpenduduk sekitar 1.045.000 jiwa itu kini didominasi para lanjut usia (lansia).

"Sangat terbuka peluang untuk anak-anak muda Kaltim bekerja ke Jepang. Salah satunya ke Toyama ini," kata Plt Sekda Provinsi Kaltim HM Sa'bani saat berkunjung ke Provinsi Toyama untuk menghadiri pembukaan pameran Toyama General Manufacturing Industry Trade Fair, Jumat (1/11/2019).

Peluang kerja di Toyama, khususnya untuk tenaga-tenaga di bidang industri dan perawat. 

"Tapi, kuasai dulu bahasa Jepang, karena itu akan jadi salah satu syarat masuk ke sana," pesan Sa'bani.

Untuk memuluskan rencana ini, Sa'bani mengungkapkan keinginannya untuk melanjutkan kerja sama dengan Provinsi Toyama dalam bentuk sister provence. 

Setidaknya ada dua keuntungan besar yang diharapkan dari kerja sama sister provence ini. Pertama, anak-anak muda Kaltim bisa bekerja dan menempuh pendidikan di Toyama. Sementara para pengusaha Toyama dipersilakan masuk ke Kaltim dengan investasi mereka.

Usai pembukaan pameran, rombongan Kaltim mengunjungi Toyama City Eco Town, pusat pengelolaan limbah industri kota Toyama. Ada tujuh industri pengelolaan yang dikunjungi, termasuk industri mobil listrik.

Toyama juga membangun terminal LRT dan shinkansen terpusat di satu tempat, sehingga memudahkan pelayanan bagi penduduk. Delegasi Kaltim yang dipimpin Plt Sekda Sa'bani pun sempat menikmati kenyamanan layanan LRT tersebut.

Di hari yang sama, mereka berkunjung ke Asosiasi Perdagangan Prefektur Toyama atau Kadin-nya Toyama. Di sini, rombongan Kaltim mendapat banyak penjelasan dari Direktur Pelaksana Asosiasi Perdagangan Prefektur Toyama Kazuhiro Ueno.

Rombongan juga berkunjung ke Prefektur Toyama atau Pemprov-nya Toyama.(sul/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation