Anak Perbatasan Wajib Terima Beasiswa Kaltim Cemerlang

Anak Perbatasan Wajib Terima Beasiswa Kaltim Cemerlang

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan anak-anak perbatasan juga berhak dan wajib menerima beasiswa yang diprogramkan Pemprov Kaltim, yakni Beasiswa Kaltim Cemerlang. 

Menurut dia, proyek program beasiswa ini merupakan proyek strategis yang dilakukan Pemprov Kaltim sejak lima tahun yang lalu dan telah dimanfaatkan dengan baik oleh putra-putri Kaltim.

“Saya yakin yang namanya minyak dan gas serta batu bara itu akan habis. Tetapi yang tidak akan habis adalah sumber daya manusia. Lima tahun lalu Kaltim telah memberikan beasiswa kepada 187.000 orang. Hingga saat ini sudah  ada 33 dokter yang kembali ke Kaltim. Karena itu, saya berharap anak perbatasan juga merasakan hal yang sama, menerima beasiswa ini,” kata Awang Faroek Ishak saat menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota DPRD Kaltim 2014-2019 di Gedung DPRD Kaltim, Senin (1/9).

Lima tahun ke depan ada 250.000 orang yang akan diberikan beasiswa. Karena itu, diharapkan seluruh masyarakat dapat memanfaatkan ini, terutama bagi warga di perbatasan dan terpencil.

Termasuk anak-anak semua suku bangsa yang menetap di Kaltim berhak menerima beasiswa Kaltim Cemerlang. Apalagi, tata cara proses penerimaan tersebut dapat diketehui secara jelas, yakni dengan cara online dan manual.

“Proses ini tersebar di Kaltim dan Kaltara. Saya berharap semua masyarakat dapat memanfaatkan program ini, terutama anak-anak di wilayah perbatasan. Karena, tujuan pemberian ini adalah untuk mewujudkan SDM daerah yang berkualitas di masa depan,” tegas Awang.

Tidak lama lagi Indonesia akan menghadapi Asean Economic Community (AEC) 2015. Diharapkan anak-anak Kaltim mampu bersaing dengan negara-negara ASEAN. Karena itu, daerah ini harus menjadi salah satu provinsi yang mampu mencetak generasi muda berkualitas di Negara ini.

Peran pemerintah kabupaten/kota diperlukan untuk mensosialisasikan program ini, sehingga realisasi penerimaan beasiswa dapat terjangkau anak-anak Kaltim di wilayah perbatasan dan terpencil.

“Dengan adanya dukungan tersebut, saya yakin tidak ada anak Kaltim dan Kaltara yang tidak menerima beasiswa. Mudah-mudahan ini terwujud,” jelasnya. (jay/sul/es/hmsprov)

////FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyerahkan beasiswa kepada sejumlah pelajar dan mahasiswa di Kaltim.(dok/humasprov)

 

Berita Terkait