Anak PSPAD Belajar Dibimbing Pengasuh

Foto : Istimewa

SAMARINDA - Hingga saat ini, siswa atau peserta didik di Kota Samarinda melaksanakan pembelajaran di rumah masing-masing akibat pandemi Covid-19. Tidak terkecuali bagi anak-anak yang berada di UPTD Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma (PSPAD) Samarinda, yang tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara online atau daring dengan bimbingan pengasuh. 

 

"Setiap harinya KBM dilakukan anak-anak secara online. Pagi ini persiapan latihan mengerjakan tugas untuk ujian bagi yang SD, SMP dan SMA/SMK. Mereka dibimbing pengasuh dan hasil tugas dikirim lewat whatsapp group," kata Kepala Dinas Sosial HM Agus Hari Kesuma didampingi Kepala UPTD PSPAD Samarinda Faridah MN, Sabtu (11/4/2020). 

 

Dijelaskan, kegiatan di UPTD PSPAD sama seperti dirumah tangga biasanya. Hanya di panti sosial ini pengganti orang tua mereka adalah pengasuh serta semua petugas panti sesuai tupoksinya masing masing. Jadi, KBM tetap dilaksanakan melalui bimbingan pengasuh. 

 

"Jika hari dan kondisi biasa kami biasa mengantar mereka ke sekolah masing-masing dan KBM dibimbing guru, ditengah pandemi Covid-19 para pengasuh mereka lah yang membimbing belajar," jelas Faridah. 

 

Berdasarkan data UPTD PSPAD Dinsos Kaltim, ada sekitar 14 penghuni panti yang akan mengikuti ujian untuk tahun pembelajaran 2019/2020 dari berbagai jenjang pendidikan. Terdiri, ujian SMK lima orang, ujian paket c ( satu orang), ujian SMP (tiga orang) dan ujian SD (dua orang). 

 

Sedangkan anak di UPTD PSPAD Dinsos Kaltim totalnya 70 orang, terdiri tiga bayi, anak PAUD (tiga orang), SD (27 orang), SMP (15 orang), SMA/SMK (12 orang) dan tidak sekolah (sepuluh orang). (her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait