Angkutan Lebaran Diminta Taati Aturan

SAMARINDA – Meskipun arus mudik Lebaran masih sekitar dua pekan lagi,  namun Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim sudah melakukan antisipasi melalui berbagai persiapan serta koordinasi bersama kabupaten dan kota demi keselamatan para penguna jalan.
"Persiapan terus kami lakukan untuk mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin terjadi pada arus mudik 2013. Kami mengimbau kepada armada transportasi baik darat, air dan udara agar mentaati aturan demi keselamatan penumpang," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim, H Zairin Zain,  Rabu (10/7).
Zairin memprediksi, arus mudik tahun ini meningkat dibanding tahun lalu khususnya pada jalur darat. Hal ini perlu menjadi perhatian sebab angkutan bus seringkali mengangkut penumpang melebihi kapasitas.
"Untuk angkutan darat khususnya jenis bus antarkota dalam provinsi telah cukup, bahkan perusahaan bus akan menambah armada jika sebelumnya 10 trip  akan ditambah 12 trip  jika terjadi lonjakan penumpang," ujarnya.
Ditambahkan, untuk jalur mudik lebaran Samarinda-Balikpapan yang panjangnnya kurang lebih 115 kilometer kondisi jalannya sangat baik,  artinya tidak terdapat kerusakan yang bisa menyebabkan gangguan pada saat mudik lebaran mendatang, rambu-rambu peringatan juga telah terpasang dengan baik.
Sebelumnya Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, juga meminta masalah tansportasi agar menjadi perhatian instansi terkait khususnya Dishub, sehingga pada saat mudik nanti masyarakat bisa tenang dan tidak menemui kendala baik angkutan laut, sungai dan udara maupun darat. (sar/hmsprov).

///Foto : H Zairin Zain
 

Berita Terkait
Government Public Relation