Anjungan Kaltim TMII Ikut Promosi Seni Budaya Travel Mart and Koper

Anjungan Kaltim TMII Ikut Promosi Seni Budaya Travel Mart and Koper

 

BANDUNG – Anjungan Kaltim TMII Jakarta turut berpatisipasi pada kegiatan, promosi dan informasi Travel Mart and Koper, yang digelar oleh Serkolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, 27-28 Mei lalu.

Penata Tari Dra Hj NavoritaMM yang juga dari Anjungan Kaltim TMII mengatakan, penampilan Kaltim sangat memukau penonton. Sementara itu selain Kaltim peserta Travel Mart             datang pula dari perwakilan Sumatera, Jawa dan Kalimantan, sedangkan peserta dari Asean Filipina, Vietnam, Kamboja dan Myanmar.

         ”Pada kesempatan itu Kaltim mempromosikan Seni budaya Kaltim, memperkenalkan produk unggulan dan kerajinan cendramata Kaltim, memperkenalkan kuliner khas Kaltim dan emperkenalkan destinasi tujuan wisata se-Kaltim melalui brosur yang menawarkan wisata sejarah, wisata kuliner, wisata alam, wisata religius dll.

      “Kita berharap wisatawan domestik dan mancanegara mengenal seni budaya Kaltim lebih dekat lagi,” kata Novarita.

            Menurutnya, pada event itu, ditampilakan sejumlah tarian seperti Tari  Pebulong  Kancet dan tari gabungan bersama dari unsur pedalaman. Ada  Tari Gong, Tari Enggang,Tari Hudoq, Tari Perang, Tari Belian dan permainan olahraga sumpit atau berburu.

”Dalam penampilan tersebut para undangan dan para penonton yang hadir bertepuk tangan riuh melihat aksi perang dan menyumpit yang luar biasa karena dengan jarak kurang lebih 30 meter si pemburu menyumpit dengan tepat sasaran. Hal ini sangat disukai semua penonton yang hadir,” paparnya.

Selain itu ada pula Tari Hudoq  yang dipercayai masyarakat Kaltim sebagai jelmaan dewa yang turun dari khayangan untuk memberi kesuburan bagi tanaman dan kesejahteraan bagi masyarakat. Sementara itu, Direktur STP Bandung Anang Sutono MM Par, pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua para pendukung dan pengisi acara. Khusus Kaltim diharapkan agar tetap mempertahankan budaya seni-budayanya dengan baik. (ri/hmsprov)

//Foto: Novarita dan Asisten Bidang Administrasi Umum Dr Meliana. (dok/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait