Antisipasi Arus Mudik Lebaran, Dishub Kaltim Siapkan Posko Keamanan dan Kesehatan

SAMARINDA - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim H Salman Lumoindong  menjelaskan pihaknya  telah menyiapkan langkah mengantisipasi arus mudik maupun arus balik lebaran tahun ini. Salah satunya menyiapkan beberapa posko di jalur padat kendaraan. Mulai dari jalur mudik dijalan poros Balikpapan, Samarinda dan  Bontang.

"Menjelang lebaran nanti, kita bekerjasama dengan kepolisian, Satpol PP  dan dinas kesehatan, termasuk  masyarakat setempat akan kita libatkan akan  menyiapkan posko mudik di jalur yang ramai dilalui kendaraan," kata Salman Lumoindong di Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, Senin (20/5/2019).

Selain, memantau arus lalu lintas , posko juga dijadikan tempat peristirahatan sementara bagi masyarakat yang lewat. Karena disediakan petugas kesehatan di waktu tertentu yang dianggap padat.

Adapun pengobatan yang disediakan sifatnya hanya pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).

Dishub juga melakukan pemberdayaan masyarakat untuk menciptakan kondisi yang aman, termasuk membantu petugas melakukan penanganan ketika terjadi kecelakaan. "Masyarakat dilibatkan karena kadang ketika kecelakaan, warga sekitar yang terlebih dulu mengetahui. Kita harapkan adanya bantuan dan kesadaran masyarakat dalam berkendaraan," tandasnya.

Selain posko mudik, kata Salman pihaknya juga telah menempatkan petugas di pelabuhan ferry penyeberangan di Balikpapan. Karena pengalaman tahun sebelumnya, tidak adanya petugas menyebabkan kesemrawutan. "Terlebih jika terjadi lonjakan penumpang yang baru datang maupun akan berangkat," ungkapnya.

Terlebih Pelabuhan Semayang, lanjutnya, penempatan petugas diharapkan bisa mengatur masyarakat agar lebih  tertib. Disamping memberikan rasa aman di pelabuhan. Karena padatnya penumpang dan kondisi puasa sering dimanfaatkan orang untuk melakukan tindakan kriminal.

"Pelabuhan Semayang juga Samarinda  ini biasanya banyak dimanfaatkan penumpang kelas ekonomi menengah kebawah. Dalam waktu puncak bisa sangat padat. Adanya pengaturan, bisa mengantisipasi kesemrawutan penumpang agar tertib dan aman," tegasnya.

Salman menghimbau masyarakat yang mudik lebaran melalui jalur darat, kiranya bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Seperti mengecek  kelayakan kendaraan, termasuk mempersiapkan fisik dengan prima sehingga selama dalam perjalanan mudik kondisi tetap prima sampai tujuan.(mar/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation