Antisipasi dan Penanggulangan Bencana

Pembangunan  Gedung Pusdalops Terus Dikebut

SAMARINDA - Mengantisipasi berbagai potensi  bencana di Kaltim, Pemprov Kaltim  membangun gedung Pusat Pengendalian Operasi Penangulangan Bencana (Pusdalops-PB) yang bersebelahan dengan Kantor Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim, di Jl MT Haryono, Samarinda melalui dana APBD  Rp9 milliar.   
“Saat ini progres pembangunannya mencapai 40 persen lebih dan terus dikebut pengerjaannya," kata Kepala BPBD Kaltim H Wahyu Widhi Heranata, di Samarinda, Rabu (28/8).
Dijelaskan, pembangunan gedung  Pusdalops dilengkapi  gudang peralatan dan logistik yang lengkap, termasuk Kantor Pusdalops sebagai sentral penanganan bencana di daerah ini.
Diakuinya pembangunan Gedung Pusdalops tersebut sangat diperlukan dan merupakan salah satu bentuk kepedulian Gubernur Awang Faroek Ishak dan jajaran, sebagai upaya  mengurangi resiko, jika terjadi bencana di Kaltim.
Menurut Widhi, gubernur juga berpesan agar keberadaan  gedung Pusdalops nantinya mampu  menjadi pusat koordinasi penanggulangan bencana di Kaltim, sehingga penanganan bencana bisa lebih cepat, tepat dan optimal.
Apalagi sekarang ini Pusdalops Kaltim  sudah didukung  peralatan  komunikasi canggih, sehingga saat terjadi bencana, laporan bisa langsung disampaikan kepada Presiden, Gubernur dan Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB).  
Widhi  berharap agar Pusdaslop-PB Kaltim mampu bersinergi dengan program di kabupaten/kota, karena upaya penanggulangan bencana merupakan bagian pembangunan nasional.
"Target kami kinerja Pusdalops Kaltim mampu menyamai Pudalops BNPB yang mampu mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan penyajian data,serta operasional penangulangan bencana pada tahap prabencana juga saat tanggap darurat dan pasca bencana secara cepat dan akurat," jelasnya. (sar/hmsprov).

////Foto :  Maket Gedung Pusdalops BPBD Kaltim.(sarjono/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait