Antisipasi Kebakaran

Disbun Gelar Pelatihan Pengendalian Kebakaran Kebun

 

SAMARINDA - Maraknya kebakaran lahan akibat musim kemarau yang melanda saat ini, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim menggelar pelatihan pengendalian kebakaran lahan dan kebun guna antisipasi sekaligus upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan/kebun di Kaltim.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari sejak 7-9 Oktober itu menurut Kepala Disbun Kaltim Hj Etnawati Usman dalam rangka mengantisipasi kebakaran lahan dan kebun yang hampir terjadi setiap tahun, terutama pada musim kemarau panjang.

“Ekstensifikasi (pengelolaan) lahan yang tidak ramah lingkungan juga menjadi salah satu penyebab kebakaran lahan yang berdampak negatif  baik aspek ekonomi, sosial, ekologis maupun politis,” ujar Etnawati didampingi Kepala Bidang Perlindungan Henny Herdiyanto.

Masalah kebakaran lahan dan kebun merupakan hal yang wajib dicegah, agar tidak terjadi kerusakan pada lingkungan. Selain itu, kebakaran lahan maupun kebun itu sangat mengganggu kehidupan dan aktivitas masyarakat secara menyeluruh.

“Melalui pelatihan ini maka tersedia petugas pendeteksi hotspot (titik api) serta petugas pengendalian kebakaran lahan/kebun yang mampu memberikan petunjuk dan pembinaan bagi masyarakat dalam pembukaan lahan tanpa bakar,” harap Etnawati.

Dalam pelatihan ini, peserta diberikan pengarahan tentang fungsi dan tatacara penggunaan peralatan pemadam kebakaran yang kemudian dilanjutkan praktik lapangan di Kebun Raya Unmul Samarinda.

Pelatihan diikuti 30 peserta dari dinas yang membidangi perkebunan di kabupaten dan kota serta perusahaan perkebunan di Kaltim dengan menghadirkan narasumber dari Direktur Perlidungan Ditjenbun Kementan dan UPTD PKHL Dinas Kehutanan Kaltim.(yans/hmsprov)

//Foto:  Kepala Bidang Perlindungan Disbun Henny Herdiyanto (ketiga kanan) bersama peserta pelatihan pengendalian kebakaran lahan dan kebun.(ist)

Berita Terkait