Antisipasi Kecelakaan Armada Pelayaran, Dishub Bentuk Forum Keselamatan Pelayaran

Gubernur Awang Faroek saat bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memeriksa kesiapan kapal penumpang yang akan menuju Sulawesi. (rian/humasprov)

SAMARINDA - Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Ir Salman Lumoindong  mengatakan terkait sering terjadinya kecelakaan arus lalu lintas di laut, danau dan sungai beberapa waktu belakangan ini, Dinas Perhubungan Kaltim dan kabupaten/kota, KSOP,  Distrik Navigasi dan semua Direktorat Polisi Air, sepakat membentuk tim Forum Keselamatan Pelayaran serta membentuk tim terpadu untuk  memeriksa sarana dan prasarana maupun SOP pelayaran.

"Sekarang kita memperketat pemeriksaan kapal (ramcek). Itu harus betul-betul sesuai standar operasional prosedur (SOP) pelayaran dengan memeriksa kelengkapan keselamatan  penumpang, seperti, lifebouy, life jacket, sekoci,  dan peralatan komunikasinya," kata Salman Lumoindong, Senin (16/7).

Selain pemeriksaan kelengkapan keselamatan pelayaran, lanjut Salman  juga dilakukan pemeriksaan   kelengkapan surat-surat pelayaran, karena ada saja kapal-kapal yang tidak sesuai dengan surat-suratnya. Misalnya tidak sesuai dengan jenis kapalnya, termasuk  pemeriksaan kapasitas muatan kapal agar jangan sampai penumpang melebihi kapasitas kapal. 

"Jumlah penumpang terkadang melebihi kapasitas kapal, misalnya kapasitas penumpangnya hanya 100 orang,  tapi kenyataannya dimuati sampai 150 penumpang. Ini sering terjadi, maka dari itu ada manifes yang sudah disepekati, ini yang sekarang kita coba tertibkan," tegas Salman.   

Tim Forum Keselamatan Pelayaran sudah terbentuk dan akan dibuatkan SK Gubernur Kaltim, lanjut Salman, akan setiap hari melakukan monitoring  terhadap keselamatan pelayaran, baik untuk pelayaran laut,  ferry penyeberangan, maupun pada kapal penumpang  angkutan sungai,  seperti kapal kayu tujuan Samarinda ke Hulu Mahakam. "Semua kita tertibkan agar tidak terjadi kecelakaan seperti terjadi di beberapa daerah di Indonesia," pungkas Salman. (mar/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation